Goldman Sachs: Ethereum Gantikan Bitcoin di Masa Depan

Perusahaan investasi ini menyebut Ether bisa memberikan potensi menjadi penyimpanan nilai digital yang dominan di masa depan.
Aset kripto. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Goldman Sachs mengungkapkan mata uang kripto Bitcoin akan digantikan oleh Ether, token digital yang memfasilitasi transaksi di blockchain Ethereum di masa depan. 

Perusahaan investasi ini menyebut kasus penggunaan nyata Ether bisa memberikan potensi menjadi penyimpanan nilai digital yang dominan di tahun-tahun mendatang.

Bank itu percaya Ether "saat ini terlihat seperti cryptocurrency dengan potensi penggunaan nyata tertinggi sebagai Ethereum, platform yang menjadi mata uang digital asli adalah platform pengembangan paling populer untuk aplikasi smart contract," Kata Goldman seperti diberitakan Business Insider, Kamis, 8 Juli 2021.

Artinya Ether dapat menyalip Bitcoin yang menjadi mata uang kripto teratas. Di sisi lain Bitcoin tidak menawarkan kasus penggunaan nyata seperti Ether, sebagian karena kecepatan transaksinya lambat hanya tujuh transaksi per detik.

Namun kedua mata uang kripto itu tidak akan bisa menyalip emas dalam waktu dekat. Sebab volatilitas yang tinggi tidak menjadikan pesaing langsung dengan aset safe haven seperti emas.

"Emas bersaing dengan kripto pada tingkat yang sama dengan aset berisiko seperti saham dan siklus komoditas. Kami memandang emas sebagai lindung nilai inflasi defensif dan kripto sebagai lindung nilai risiko inflasi," katanya.

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, saat ini terdapat 10.722 mata uang kripto berbeda yang ada di pasaran. Namun di antara kripto atau cryptocurrency itu juga terlihat saling bersaing. Sayangnya persaingan tersebut menjadi kerugian bagi kripto tersebut.

Goldman mengatakan dengan persaingan antar aset kripto juga mampu merusak kemampuannya menjadi kelas aset yang aman bagi investor. 

"Kompetisi di antara cryptocurrency adalah faktor risiko lain yang menghalangi mereka menjadi aset safe haven di tahap ini," ujarnya. []

Baca Juga: Pemain Kripto Meningkat Drastis, Berusia di Bawah 30 Tahun

Berita terkait
Vietnam Uji Coba Uang Kripto Sebagai Strategi e-Government
Pemerintah Vietnam telah menandatangani Keputusan No.942/QD-TTg yang menyetujui strategi pengembangan e-government.
4 Istilah Dalam Analisis Kripto
Sebagai calon investor maupun trader, kamu harus pahami bahwa aset kripto selalu mengalami perubahan harga.
Bursa Kripto Lindungi Konsumen, Ciptakan Kepercayaan Publik
Jerry Sambuaga mengatakan bursa kripto, dapat meningkatkan volume perdagangan kripto dan menciptakan kepercayaan publik.
0
Goldman Sachs: Ethereum Gantikan Bitcoin di Masa Depan
Perusahaan investasi ini menyebut Ether bisa memberikan potensi menjadi penyimpanan nilai digital yang dominan di masa depan.