Darurat Covid-19, Kota Bogor Sedang Tak Baik-baik Saja

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, Kota Bogor tidak dalam keadaan baik. Keterisian tempat tidur di angka 82 persen, rumah sakit penuh.
Ilustrasi - {Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, Kota Bogor tidak dalam keadaan baik. Data Covid-19 di Kota Bogor menunjukkan warga harus lebih siaga dan waspada.

"Saat ini keterisian tempat tidur di angka 82 persen, rumah sakit penuh. Klaster terbanyak adalah keluarga diikuti oleh klaster dari luar kota," kata Bima Arya, Selasa, 29 Juni 2021.

Pihaknya pun tengah melakukan akselerasi kebijakan terkait penanganan atas melonjaknya kasus positif Covid-19 di kota hujan itu.


Perlu diingat juga saat ini Kota Bogor telah memberlakukan pembatasan jam operasional untuk kafe, mal, restoran, hingga pukul 20.00 Wib.


"Pertama, akan menambah tempat tidur dan ruang isolasi di seluruh rumah sakit di Kota bogor minimal di angka 30 persen," katanya.

Lalu, Pemkot Bogor akan menambah fasilitas isolasi bagi warga yang tanpa gejala (OTG) dan ditargetkan dalam waktu satu minggu, ruang isolasi dan tempat tidur sudah bisa diakses oleh warga yang membutuhkan.

"Perlu diingat juga saat ini Kota Bogor telah memberlakukan pembatasan jam operasional untuk kafe, mal, restoran, hingga pukul 20.00 Wib," ujarnya.

Terbaru terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 447 kasus positif. Total, selama pandemi ini sebanyak 20.015 warga Kota Bogor terpapar virus tersebut.

Dengan penambahan 447 kasus, itu berarti terjadi ledakan dua kali lipat atau naik 78% dari pekan sebelumnya dengan rata-rata 200 kasus perhari. Dari laporan Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19 Kota Bogor, dilaporkan 447 kasus positif baru, 54 pasien dinyatakan sembuh, dan 5 angka kasus pasien positif meninggal.

Dengan penambahan kasus itu, jumlah akumulatif kasus di Kota Bogor mencapai 20.015 kasus dengan rincian, 16.341 orang telah dinyatakan sembuh, 3.391 orang masih dalam perawatan, dan 283 pasien meninggal dunia. []

Baca Juga: Bima Arya Imbau Warga Jakarta Kurangi Mobilitas ke Bogor

Berita terkait
Ribuan Kendaraan Terpaksa Putar Balik di Bogor
Kapolresta Bogor Kota, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan kendaraan itu terdiri dari 2.197 roda dua dan 2.279 roda empat
Pebalap Muda Kabupaten Bogor Naik Podium di Balapan Oneprix 2021
Balap motor Oneprix Championship 2021 kembali digelar di sirkuit Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat. Pebalap muda Bogor naik podium.
Masuk Bogor Wajib Bikin Surat Bebas Covid-19
Bupati Bogor Ade Yasin menerangkan operasi yustisi atau pemeriksaan surat rapid antigen hanya khusus kendaraan pelat luar Bogor seperti Jakarta.
0
Darurat Covid-19, Kota Bogor Sedang Tak Baik-baik Saja
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, Kota Bogor tidak dalam keadaan baik. Keterisian tempat tidur di angka 82 persen, rumah sakit penuh.