UNTUK INDONESIA
Dari Polisi Jadi DPRD, Pria Ini Tatap Pilkada Taput
Mantan Kapolres Tapanuli Utara Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat yang dikenal dengan JTP menjadi anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024.
Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat (pakai jas) di tengah warga di Desa Sipahutar, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara. Dihadiri ribuan pendukung, ormas, tokoh politik dan tokoh masyarakat serta sanak keluarga, Minggu 22 September 2019. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Tarutung - Mantan Kapolres Tapanuli Utara Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat yang dikenal dengan JTP menjadi anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024.

Karena baru dilantik, dia kemudian menggelar syukuran di Desa Sipahutar, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu 22 September 2019.

Puluhan ribu simpatisan, tim pemenangan 15 kecamatan, tokoh politik lintas partai, tokoh masyarakat serta ormas dan keluarga JTP Hutabarat hadir di sana. Acara diawali ibadah dari HKBP dibimbing Pendeta M Sihombing.

Warga dan tokoh yang ada di sana menitip harapan kepada JTP bisa mendorong kemajuan untuk Kabupaten Tapanuli Utara.

"Kami bangga memiliki seorang pemuda Tapanuli Utara asli anak Silangkitang pernah jadi Kapolres Taput. Lalu maju dan menang jadi DPRD Sumut, semoga rencana-rencana baik Bapak JTP ke depan selalu diberkati Tuhan," kata Lamhot Sipahutar, anggota DPRD Tapanuli Utara.

Tokoh masyarakat Musarel Hutabarat mengharapkan, JTP diberikan Tuhan kesehatan, ilmu dan kebijakan untuk membangun Sumatera Utara.

"Semua ini merupakan berkat dan titipan dari Tuhan. Semoga JTP tetap komit memgemban amanah masyarakat dan memperjuangkan kepentingan rakyat," ucapnya.

Komunitas BORA (Boru Ni Raja) melalui Lenni Sinaga, salah satu komunitas kaum perempuan pendukung setia JTP mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas terpilihnya JTP sebagai anggota DPRD Sumatera Utara.

"Selamat menjalankan tugas baru, diberikan ilmu dan kebijakan dalam membangun Provinsi Sumut, khususnya Kabupaten Taput yang lebih baik. Kita siap mendukung JTP untuk kepentingan masyarakat," kata Lenni.

Antonius Hutabarat, Ketua DPRD Tapanuli Tengah yang hadir di sana berharap kepada JTP agar memperhatikan nasib nelayan dan pendidikan di daerahnya.

Mohon dukungan doa, saya sudah pernah jadi judikatif, sekarang sudah di legislatif dan harapan saya bisa di eksekutif

"Kami yakin kepedulian beliau kepada 60 persen masyarakat yang menggantungkan hidup sebagai nelayan, ya harus ada solusi lain dari penyetopan jaring tertentu oleh Menteri Susi. Dan masalah pendidikan SMA dan SMK kami yakin kepada JTP sudah lebih piawai nanti memberi perhatian di provinsi," kata Antonius.

Ketua DPD Perindo Tapteng, Wilson Silalahi mengungkap kepribadian JTP sebagai sosok pemberani. Dia mendorong semangat pendukung agar tetap solid sampai tahun 2024.

"Pak Taripar kami lihat sosok yang memiliki kekuatan dan keberanian. JTP adalah milik konstituen dapil sembilan, harapan kami pak JTP bisa jadi kepala daerah di Tapanuli Utara tahun 2024," kata Wilson.

Dibanjiri Papan Bunga

Sepanjang jalan umum lintas Sumatera tepatnya lokasi acara syukuran terlihat deretan papan bunga ucapan selamat kepada JTP sebagai anggota DPRD Sumatera Utara.

Di antaranya ucapan selamat dari Kaorlantas Mabes Polri Irjen Pol Refdi Andri, Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Sumatera Utara Kombes Polisi Andi Rian SIK.

Kemudian ucapan selamat dari Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan SIK, Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo SH, Kapolres Humbahas AKBP Muhammad Dayan SH, Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK, Ipda Arifin Purba SH Panit 2 Reskrim Medan Labuhan.

Maju di Pilkada 2024

JTP mengatakan, pada tahun 2024 tetap akan maju pada Pilkada Tapanuli Utara. Dia menyebut sudah belajar pada kekalahan Pilkada Taput 2018 lalu.

"Tetap maju di Pilkada Taput 2024, pelajaran baik akan menempa kemenangan Pilkada 2024, dengan kematangan komunikasi politik ke tingkat pusat. Semoga dalam lima tahun ini mematangkan kami (Paslon JTP Frends) lima tahun lagi," kata JTP menekankan dia akan berpasangan dengan Frengki Pardamean Simanjuntak.

Dia mengatakan bangga kepada komunitas BORA yang dibentuk pada Pilkada 2018 silam. "Sudah kita legalkan koperasi Bora Mandiri sebagai tim terdepan di hari mendatang. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung dan handaitolan. Mohon dukungan doa, saya sudah pernah jadi judikatif, sekarang sudah di legislatif dan harapan saya bisa di eksekutif," katanya.[]

Berita terkait
Mantan Kapolres Tapanuli Utara Dilantik Jadi DPRD Sumut
Sebanyak 100 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024 dilantik pada Senin 16 September 2019.
Kabut Asap Merusak Tanaman di Tapanuli Utara
Kabut asap kiriman mulai memasuki wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Kamis 19 September 2019 pagi.
180 Ha Lahan di Tapanuli Utara Menanti Hadirnya Irigasi
Aliran debit air Sibudingding selama berpuluh tahun belum dikelola dengan optimal dengan irigasi teknis.
0
BaraJP Medan Sayangkan OTT Eldin
BaraJP kota Medan sangat menyayangkan atas tertangkapnya wali kota Medan Dzulmi Eldin akibat Korupsi.