UNTUK INDONESIA
Dari Allegri Sampai Mourinho, Calon Pengganti Valverde
Sejumlah pelatih disebut untuk gantikan pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyusul hasil buruk tim. Laga lawan Villarreal bisa menjadi penentuan.
Pelatih Barcelona Ernesto Valverde berada di ujung tanduk setelah hasil buruk tim. Sejumlah nama sudah disebut-sebut bakal menggantikan Valverde. (Foto: foxsportasia.com)

Jakarta - Sejumlah pelatih sudah disebut untuk menangani Barcelona bila pelatih Ernesto Valverde dipecat. Rentetan hasil buruk menjadikan Valverde di ujung tanduk. Laga melawan Villarreal di La Liga Spanyol di Nou Camp, Rabu 25 September 2019 dini hari WIB bisa menjadi penentuan bagi sang pelatih. 

Kemenangan atas Villarreal memang bisa mengembalikan Barca ke papan atas. Hanya, Barca belum bisa merebut posisi puncak. Apalagi bila tim-tim di zona atas seperti Real Madrid, Granada dan Athletic Bilbao tidak kehilangan poin di pertandingan liga. 

Bahkan bila mampu meraih tiga poin di laga tersebut, posisi Valverde juga masih belum. Desakan agar Valverde yang sudah muncul sejak musim lalu bakal kian menguat meski Barca meraih trofi La Liga. Hanya, sang pelatih masih didukung pemain, termasuk Lionel Messi, dan klub. 

Banyak tuntutan yang dibebankan kepada pelatih. Apalagi sebagai pelatih Barcelona. Saya tahu di mana posisi saya bila mengacu pada hasil. Pelatih selalu menjadi sorotan

Kini pelatih berusia 55 ini bakal terancam. Pasalnya, Barca masih terseok dengan papan tengah dengan poin tujuh. Di laga terakhir, mereka dipermalukan tim promosi Granada 0-2. 

Kekalahan memalukan itu sampai membuat gelandang Frenkie de Jong mendatangi fans usai pertandingan. Dirinya pun meminta maaf kepada mereka. 

Tak heran bila sudah beredar nama pengganti Valverde. Eks kapten Barca, Xavi Hernandez sudah menyatakan kesiapannya menangani tim. Meski masih minim pengalaman sebagai pelatih karena baru menangani satu klub, itu pun klub Qatar, Al Sadd, namun Xavi sudah merasa mampu menggantikan Valverde. 

Menurut BBC tidak hanya Xavi tetapi beberapa nama juga sudah disebut seperti Massimiliano Allegri yang masih menganggur sejak meninggalkan Juventus, Laurent Blanc sampai Jose Mourinho. Bukan tak mungkin eks pelatih Real Madrid ini menangani Barca karena dirinya pernah menjadi asisten pelatih klub Katalan itu. 

Selain pelatih papan atas ada Pablo Machin (terakhir melatih Sevilla) dan Quique Setien yang sempat masuk bursa suksesor Valverde pada Januari lalu. Namun kabar itu tidak ada kelanjutannya. 

Pelatih tim nasional Belanda Ronaldo Koeman juga menjadi kandidat. Selain pernah sukses saat menjadi pilar pertahanan Barca, Koeman juga sudah matang sebagai pelatih. Hanya tak mudah membajak Koeman yang dinilai berhasil menangani tim Oranje ini. 

Valverde sendiri tak peduli dirinya disebut-sebut bakal dipecat. Dia memilih fokus menghadapi Villarreal dan menargetkan kemenangan di laga tersebut. 

"Tidak ada yang baru," kata Valverde kepada Marca saat menanggapi rumor terkait masa depannya di Barca.

"Banyak tuntutan yang dibebankan kepada pelatih. Apalagi sebagai pelatih Barcelona. Saya tahu di mana posisi saya bila mengacu pada hasil. Pelatih selalu menjadi sorotan. Kami mengawali dengan tidak baik dan kami harus bangkit," ujarnya. []

Berita terkait
Lionel Messi, 30 Menit Tak Berdampak Bagi Barcelona
Kapten Barcelona Lionel Messi hanya bermain 30 menit saat melawan Borussia Dortmund di Liga Champions. Ini penampilan pertama Messi setelah pulih.
Valverde Waswas Barca Sulit Menang di Laga Tandang
Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mulai waswas karena tim sulit menang saat bermain di laga tandang. Terakhir, Barca kalah 0-2 oleh Granada.
Habiskan Rp 4,3 Triliun, Tapi Barca Masih Panggil Fati
Barcelna mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain. Namun pelatih Ernesto Valverde malah mengandalkan pemain dari tim yunior, Ansu Fati.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.