Dapatkan Rambut Panjang dan Berkilau dengan Jus Kentang

Apa saja manfaat yang jus kentang tawarkan untuk perawatan rambut kita dan bagaimana cara menggunakannya? Simak artikel berikut.
Ilustrasi Jus Kentang. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Rambut panjang dan sehat adalah impian semua orang. Namun tidak semudah kedengarannya, genetika dan gaya hidup menjadi faktor yang dapat merusak kualitas rambut kita. 

Tak jarang beberapa orang mengandalkan obat-obatan untuk mengatasinya. Ternyata salah satu sayuran pokok yang ada di dapur kita bisa membantu pertumbuhan rambut sehat yang alami, sayuran itu adalah kentang.

Kentang merupakan jenis umbi yang tersedia sepanjang tahun dan banyak digunakan diberbagai masakan. Jus dari sayuran serbaguna ini adalah ramuan ampuh untuk pertumbuhan rambut yang tidak banyak diketahui orang. 

Tidak hanya membuat rambut Anda sehat, tetapi juga membantunya tumbuh lebih panjang. Lalu apa saja yang ditawarkan jus kentang untuk rambut kita? Berikut manfaat jus kentang yang dikutip dari laman Ndtv Food:

Manfaat Jus kentang untuk pertumbuhan rambut

1. Memperkuat Pertumbuhan Rambut

Jus kentang terdiri dari berbagai vitamin esensial yang meningkatkan kadar oksigen, yang berfungsi memperbaiki dan memulihkan kolagen. Kolagen adalah protein yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat lainnya. Kolagen yang ditingkatkan kemudian dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih baik. Pijat lembut rambut dengan jus kentang dapat membantu mengaktifkan sel-sel kulit kepala yang sehat, dan mendorong pertumbuhan rambut.

2. Mengatasi Rambut Kering

Kulit kepala yang kering bisa menyebabkan ketombe, bahkan membuat rambut menipis dan patah. Jus kentang yang dicampur dengan jus lemon adalah solusi ampuh untuk mengatasi rambut yang kering agar tumbuh dengan sehat.

3. Mengatasi Rambut yang Berminyak

Minyak yang berlebih pada rambut bisa menyebabkan kerusakan rambut. Kandungan pati yang tinggi dalam jus kentang dapat mengekstrak semua minyak berlebih yang ada di kulit kepala dan folikel, memungkinkan mereka tumbuh dengan baik.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, gunakan jus kentang untuk membantu Anda. Ini mengikat dengan oksigen dan bekerja pada akar yang lemah, semakin memperkuat cengkeramannya.

Cara Menggunakan Jus Kentang untuk Pertumbuhan Rambut

Setelah mengetahui manfaat jus kentang untuk rambut, inilah saatnya untuk mengetahui bagaimana Anda bisa menggunakan ramuan kecantikan ini untuk mendapatkan rambut yang panjang dan sehat.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan jus kentang ke kulit kepala dan rambut Anda dengan benar. Pijat dengan ujung jari selama 15 menit. Pijatan yang baik dapat merangsang sirkulasi darah serta membantu rambut tumbuh dengan baik. 

Setelah lakukan pijatan, bilas dengan air hangat. Ulangi pengobatan ini setidaknya tiga kali sebulan untuk melihat hasil yang efektif.

Berikut cara membuat jus kentang di rumah untuk mendorong pertumbuhan rambut:

1. Cuci kentang sampai bersih.

2. Kemudian kupas dan parut.

3. Ambil kentang yang sudah parut lalu peras semua sarinya dengan tangan.

4. Jus siap digunakan.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Atasi Rambut Kering dengan Tiga Masker Minyak Zaitun
Ini tips mengatasi rambut yang kering akibat cuaca hujan seperti sekarang ini
Tips Mewarnai Rambut di Rumah Anti Gagal
Menyemir rambut saat ini sangat populer. Berikut tips menyemir rambut anti gagal.
3 Makanan Penumbuh Rambut Berewok, Biar Ikut No Shave November!
Anda yang tidak punya kumis atau janggut mungkin keki tak bisa merayakan tradisi No Shave November. So, konsumsi makanan penumbuh berewok ini.
0
Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Pakai Pakaian Adat Kalsel
Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Selasa 1 Juni 2021 dengan mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu Kalsel.