Atasi Rambut Kering dengan Tiga Masker Minyak Zaitun

Ini tips mengatasi rambut yang kering akibat cuaca hujan seperti sekarang ini
Minyak Zaitun dan madu. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Memiliki rambut yang indah merupakan impian bagi setiap orang khususnya wanita. Rambut yang indah dan sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun apa jadinya jika rambut kita kering?

Rambut kering dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer, mencatok, mewarnai rambut, merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Penyebab lainnya juga bisa karena paparan sinar matahari atau polusi.

Untuk memperbaiki rambut yang kering, tidak perlu pergi ke salon atau membeli masker rambut yang mahal. Minyak zaitun bisa menjadi solusi.

Minyak zaitun terbukti efektif dapat melembabkan kulit kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat dan halus. Ini karena  sifat antioksidan dan lemak omega tiga dalam minyak zaitun berfungsi memperkuat akar dan mencegah kerusakan pada rambut.

Penasaran bagaimana cara membuat masker minyak zaitun untuk rambut kering? Dikutip dari Boldsky, berikut cara membuatnya:

1. Masker Minyak Zaitun dan Telur

Walaupun memiliki aroma yang amis, telur ternyata bagus untuk perawatan rambut. Kandungan asam lemak, protein, dan nutrisi lain pada telur dapat merangsang folikel sehingga dapat mempercepat tumbuhnya rambut. Serta dapat memperbaiki rambut yang kering.

Minyak ZaitunMinyak zaitun dan telur. (Foto: Tagar/Ist)

Cara membuatnya masker ini cukup mudah, Anda membutuhkan dua butir telur jika jenis rambut Anda berminyak gunakan putihnya saja, namun jika kering pakailah kuningnya, untuk rambut normal dan tambahkan dua sendik makan minyak zaitun.

Campurkan kedua bahan tersebut sampai rata, lalu oleskan pada rambut yang basah dan diamkan selama 20 menit. Setelah kering segera bersihkan rambut seperti biasa. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini seminggu sekali.

2. Masker Minyak Zaitun dan Pisang

Bahan lain yang dapat dicampurkan dengan minyak zaitun yakni pisang. Pisang tidak hanya dapat dimakan tapi bisa juga digunakan sebagai masker. Buah ini memiliki banyak manfaat, antara lain untuk melembutkan, memperkuat dan mencegah kerontokan pada rambut.

Minyak Zaitun dan PisangMinyak Zaitun dan pisang. (Foto: Tagar/Ist)

Ini karena kandungan potasium dan antioksidan di dalam pisang. Dengan menambahkan minyak zaitun, kedua bahan ini dapat bekerja dengan efektif.

Caranya membuatnya, ambil satu buah pisang yang sudah matang dan satu sendok makan minyak zaitu, lalu hancurkan dan campur kedua bahan dalam wadah.

Setelah itu, oleskan ke seluruh bagian rambut yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 30 menit. Setelah kering, bilas rambut hingga bersih, lalu gunakan kondisioner dan bilas. Gunakan masker ini sekali seminggu secara rutin.

3. Masker Minyak Zaitun dan Madu

Sama halnya dengan minyak zaitun, madu memiliki beragam khasiat bagi kulit, rambut, dan kesehatan tubuh. Di dalam madu terkandung emolien alami untuk melembabkan kulit kepala.

Zaitun dan MaduMinyak Zaitun dan madu. (Foto: Tagar/Pixabay)

Sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan pada madu, jika dicampur dengan minyak zaitun dapat membantu memperbaiki rambut kering dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Untuk membuat masker ini, Anda memerlukan tiga sendok makan zaitun dan satu sendok makan madu. Campur keduanya hingga rata. Sebelum mengaplikasikan masker, pastikan rambut Anda sudah dicuci dan keadaan kering. Lalu, oleskan masker pada kulit kepala dan diamkan sekitar satu jam. Setelah itu, bersihkan rambut seperti biasa.

Nah, itulah beberapa masker minyak zaitu yang bisa membantu mmeperbaiki rambut kamu. Tidak perlu mahal untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah, asalkan rajin merawatnya. (Grace Natalia Indah)

Berita terkait
Empat Manfaat Saffron Bagi Kesehatan Manusia
Safron banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas terutama di Indonesia. Berikut empat manfaat Safron bagi kesehatan manusia
Kenali 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
Selain mencegah dehidrasi, air kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat dari air kelapa.
Dampak Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan
Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur siang? Ternyata tidur siang dalam waktu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
0
Jubir: Prabowo Diserang Isu Miring Lawan Mafia Alutsista
Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo sedang diterpa isu miring saat lawan mafia alutsista.