UNTUK INDONESIA
Daop 6 Yogyakarta Resmi Tak Layani Mudik Lebaran
Daop 6 Yogyakarta memastikan tidak mengoperasikan kereta jarak jauh hingga 30 Mei mendatang. Artinya tidak akan melayani mudik Lebaran.
Kondisi di salah satu Stasiun Yogyakarta saat ini. PT KAI Daop 6 resmi membatalkan layanan kereta jarak jauh hingga setelah Lebaran.(Foto: Istimewa/Tagar/Hidayat)

Yogyakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh untuk mudik Lebaran, yakni dari Sabtu 25 April hingga 30 Mei 2020 mendatang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan pembatalan perjalanan KA jarak jauh sebelumnya hanya sampai Kamis 30 April 2020 mendatang. Setelah dilakukan evaluasi dan mengikuti perkembangan di lapangan, PT KAI memutuskan untuk memperpanjang pembatalan sementara kereta jarak jauh sampai setelah Lebaran yaitu 31 Mei 2020.

"Selain perkalanan KA jarak jauh, terdapat juga pembatalan sementara KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari - Wonogiri (PP),” katanya dalam keterangan tertulisnya pada Selasa 28 April 2020.

Pembatalan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh ini dilakukan sebagai dukungan kebijakan larangan mudik dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19.

Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020.

Eko mengimbau kepada masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik untuk membatalkan perjalanannya atau mereschedule. PT KAI memberikan refund 100 persen untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan 4 Juni 2020, yang bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access maupun loket stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Selain itu juga bisa dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas atau KTP, kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Eko menyebut untuk Daop 6 Yogyakarta sementara waktu hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang. Yakni 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya ini untuk mengakomodir perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tak dapat ditinggalkan.

Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta - Solo Balapan serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan – Yogyakarta. “Kami memohon maaf kepada penumpang yang perjalanan mudiknya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020,” ucapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Daop 6 Yogyakarta Batalkan Semua KA Jarak Jauh
Daop 6 Yogyakarta membatalkan semua perjalanan KA baik dari barat dan timur mulai 25 April 2020 hingga sepekan ke depan.
Daop 6 Yogyakarta Kurangi Perjalanan KA Prameks
Daop 6 Yogyakarta mengurangi perjalanan KA Prameks, 10 hari ke depan. KA lain yang dikurangi perjalanannya seperti KA Joglosemar dan Sancaka.
Daop 6 Yogya Batalkan 122 Perjalanan KA Cegah Corona
Daop 6 Yogyakarta membatalkan 122 perjalanan KA akibat pandemi Corona.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.