Daftar Potensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Indonesia

BMKG memperkirakan hujan lebat dan gelombang tinggi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia hingga pergantian tahun. Warga diminta waspada.
Ilustrasi hujan lebat (Foto: Pixabay)

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat terjadi di sejumlah daerah di Indonesia hingga pergantian tahun. Selain itu, gelombang tinggi mencapai 2,5 meter sampai 4 meter juga diprediksi terjadi di sejumlah perairan di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto BMKG menyebutkan, cuaca sepekan ke depan yaitu pada 25-27 Desember 2020 diprakirakan terdapat potensi hujan lebat dengan curah hujan 50-100 milimeter per hari. Hujan lebat ini berpotensi terjadi di di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga:

"Sedangkan untuk akhir tahun yaitu tanggal 28-31 Desember 2020, diprakirakan potensi hujan lebat dapat terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, 25 Desember 2020.

Sementara itu, gelombang laut dengan ketinggian 2,5 - 4 meter berpeluang terjadi pada tanggal 24-27 Desember 2020 di sejumlah perairan di Indonesia. Antara lain di Perairan barat Kepulauan Mentawai - Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumbawa.

Tanggal 28-31 Desember 2020, diprakirakan potensi hujan lebat dapat terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Berdasarkan prakiraan tersebut, BMKG mengimbau pihak-pihak terkait di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, atau masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi mendapatkan curah hujan tinggi hingga sangat tinggi, agar mewaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologiseperti genangan, banjir, longsor dan banjir bandang. "Selain itu juga diminta terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG," ungkapnya.

Baca Juga:

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal menambahkan bahwa beberapa daerah yang berpotensi mengalami curah hujan kategori tinggi (300-500mm/bulan) untuk periode enam bulan ke depan yaitu pada Januari - April 2021. Daerah tersebut meliputi di bagian barat Sumatra, sebagian besar Jawa, sebagian Bali, NTT, NTB, bagian tengah-utara Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Potensi curah hujan tinggi Mei - Juni 2021 diprediksi di bagian utara Kalimantan, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, Papua Barat bagian utara, dan Papua bagian tengah," ungkapnya. []

Berita terkait
Prakiraan Cuaca, 25 Daerah Rawan Hujan Lebat dan Angin Kencang
Prakiraan cuaca di 25 wilayah di Indonesia akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang.
Hujan Lebat, Rumah Warga Manggarai Nyaris Ambruk
Akibat hujan lebat, rumah warga Manggarai Nusa Tenggara Timur nyaris roboh dibawa banjir.
Hujan Lebat, Banjir di 13 Titik di Wilayah Tangerang
Hujan yang mengguyur seluruh wilayah Tangerang sejak semalam, mengakibatkan banjir di beberapa titik wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.