Daftar Investor Terkaya di Indonesia

Dari para investor hebat berikut, kalian bisa menelusuri bagaimana perjuangannya hingga suskses.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Tahukan Anda, meskipun Indonesia masih menjadi negara berkembang, nyatanya tidak sedikit orang tajir yang menghuni negeri ini. Dari para investor hebat berikut, kalian bisa menelusuri bagaimana perjuangannya hingga suskses. Siapa saja sih mereka? Berikut Daftar Investor Terkaya dan Ternama di Indonesia.


1. Lo Kheng Hong

Lo Kheng Hong adalah miliader yang berhasil kaya karena berinvestasi saham. Nilai aset sahamnya bernilai Rp 2,5 triliun.


2. Djoko Susanto

Djoko Susanto adalah pengusaha yang menjadi CEO Alfa Supermarket dengan 16.000 toko waralaba di seluruh Indonesia. Divisi propertinya Alfaland mengoperasikan Omega Hotel Management di seluruh negara. Ia memiliki kekayaan sebesar USD 1.53 Miliar atau sekitar Rp 27,2 triliun.


3. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Adik kakak ini dikenal sebagai seorang pebisnis sekaligus pemilik pabrik rokok (tembakau) Djarum serta Memiliki bank BCA sebagai bank terbesar di Asia Tenggara. Kekayaannya mencapai USD 37,3 miliar atau setara dengan Rp 600,5 triliun.


4. Husain Djojonegoro

Memiliki bisnis Orang Tua Group, mengelola Grup ABC, minuman berenergi Kratingdaeng, dan minuman kesehatan ANDA. Total kekayaannya sebesar USD 1.53 Miliar atau sekitar Rp 21,42 triliun.


5. Eka Tjipta Widjaja

Memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 127 triliun. Ia memiliki banyak bisnis dan investasi.


6. Theodore Permadi Rachmat

Pemimpin Grup Astra ini juga mendirikan bisnisnya sendiri, Triputra Group, yang bergerak di bidang batu bara, karet olahan, manufaktur, perdagangan, agribisnis, hingga dealership motor serta logistik. Jumlah kekayaannya mencapai USD 1.55 miliar atau sekitar Rp 21,7 triliun.


7. Susilo Wonowidjojo

Anak ketiga dari pendiri Gudang Garam (GGRM), Surya Wonowidjojo. Total harta kekayaannya sekitar Rp 123 triliun yang didapat dari menjual tembakau.


8. Garibaldi Thohir

Seorang bisnis man dan investor dari Indonesia yang memiliki perusahaan tambang dengan grup perusahaan di bawah bendera Adaro Energy. Jumlah kekayaannya sekitar USD 1.6 miliar atau sekitar Rp 22,4 triliun.


9. Anthoni Salim

Yang paling melekat di benak masyarakat adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills. Kedua perusahaan ini merupakan perusahaan penghasil mie instant dan tepung terigu terbesar di dunia. Kekayaannya mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 27 triliun.


10. Sri Prakash Lohia

Bisnis man ini sebenarnya lahir di India. Namun, pada tahun 1973 ia pindah ke Indonesia bersama ayahnya. Mereka mulai memproduksi benang pintal tahun 1976. Lalu pada 1991, Indorama Synthetics merambah ke industri serat poliester. Total kekayaannya mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 27 triliun.


11. Peter Sondakh

Mendirikan PT Rajawali Corporation yang melahirkan RCTI. Total kekayaannya mencapai USD 1.65 Miliar atau sekitar Rp23,1 Triliun.


12. Kuncoro Wibowo

Kuncoro Wibowo adalah presiden komisaris PT Ace Hardware Indonesia. Kuncoro juga memiliki PT Home Indonesia. Total kekayaannya mencapai USD 1.7 miliar atau Rp23,9 triliun.


13. Boenjamin Setiawan

Boenjamin berhasil mendirikan bisnis obat melalui PT Kalbe Farma. Total kekayaannya mencapai Rp51.1 triliun.


14. Mochtar Riady

Pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Grup, perusahaan pemegang saham terbesar OVO. Total kekayaannya mencapai USD 2.1 miliar atau setara kurang lebih Rp 29,6 triliun.


15. Chairul Tanjung

Di sektor media ia mendirikan Trans Media, di sektor ritel mendirikan Carrefour. Namun, perusahannya tak termasuk tbk. Total harta kekayaannya Rp 50.4 triliun.


16. Jogi Hendra Atmadja

Jogi adalah pebisnis pendiri sekaligus pemilik Mayora Indah. Total harta kekayaannya mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 42,3 triliun.


17. Dato Sri Tahir

Ia dikenal sebagai investor terkaya, filantropis, dan pendiri Mayapada Group. Total kekayaannya mencapai USD 4.8 miliar atau sekitar Rp 67,7 triliun.


18. Prajogo Pangestu

Pemilik Barito Pacifik. Total harta kekayaannya diduga mencapai Rp 36.4 triliun.


19. Siti Murdaya

Memiliki bisnis di berbagai sektor yang tergabung dalam Central Cakra Murdaya/Berca Group memiliki lebih dari 36 perusahaan. Total kekayaannya mencapai Rp 30.8 triliun.


20. Aksa Mahmud

Aksa adalah pemilik dari group bisnis Bosowa Corporation. Ia juga memiliki saham di PT Bank Bukopin Tbk., dan PT Bank QNB Kesawan Tbk. Total harta kekayaannya mencapai Rp 14.56 triliun. []


Baca Juga

Berita terkait
5 Kesalahan Investor Baru ala Angga Andinata
Kesalahan-kesalahan ini juga sempat diungkap konten kreator sekaligus edukator financial Angga Andinata. Berdasarkan pantauan dari Angga Andinata.
Perbedaan Antara Trader Saham dan Investor Saham
Trader saham diibaratkan seperti pedagang yang melakukan transaksi jual beli dengan cepat. Investor seperti seorang kolektor.
Kesalahan Investor yang Menyebabkan Kehilangan Uang di Pasar Saham
Investor harus selalu menganalisis pasar, kemudian mempertimbangkan risiko dan keuntungan yang didapat.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.