Daftar Aturan Baru PPKM Level 4 untuk Mal dan Restoran

Masih dilarang dine-in, restoran hanya diizinkan menerima delivery (pesan antar) atau take away, beli makanan untuk dibawa pulang.
Ilustrasi kafe dan restoran. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 25 Juli 2021.

Sejalan dengan itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) No.22/2021 tentang PPKM Level 4.

Pada aturan tersebut, pemerintah masih melarang restoran menerima pengunjung untuk makan di tempat (dine-in). Restoran hanya diizinkan menerima delivery (pesan antar) atau take away, beli makanan untuk dibawa pulang.


Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk restoran, supermarket, dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan pada diktum KETIGA poin c.3 dan d.


"Pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan) baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan ditempat (dine-in)," demikian diktum KETIGA poin d Inmendagri dikutip Tagar, Rabu, 21 Juli 2021.

Namun, untuk pusat perbelanjaannya sendiri masih dilarang beroperasi, kecuali untuk gerai atau tenant-tenant tertentu.

"Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk restoran, supermarket, dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan pada diktum KETIGA poin c.3 dan d," demikian diktum KETIGA poin e.

Sementara diktum KETIGA poin c.3 yang dimaksud di atas menerangkan sektor kritikal sebagai berikut:

a) kesehatan;

b) keamanan dan ketertiban;

c) penanganan bencana;

d) energi;

e) logistik, transportasi dan distribusi terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat;

f) makanan dan minuman serta penunjangnya, termasuk untuk ternak/hewan peliharaan;

g) pupuk dan petrokimia;

h) semen dan bahan bangunan;

i) obyek vital nasional;

j) proyek strategis nasional;

k) konstruksi (infrastruktur publik); []

Baca Juga: Syarat Perjalanan & Berkendara Terbaru di Masa PPKM Level 4

Berita terkait
Opini: Perpanjangan PPKM Darurat Disertai Pembenahan
Target rakyat yang akan divaksinasi sebanyak 77 persen dari total penduduk Indonesia 270 juta. Namun baru terealisasi sebanyak 7,8 persen.
Daftar Daerah PPKM Level 4 Wilayah Jawa dan Bali
Dimana pada diktum satu Inmendagri tersebut secara spesifik disebutkan daerah mana saja yang berkewajiban menjalankan PPKM Level 4.
Pemerintah Tidak Gunakan Istilah PPKM Darurat Lagi
Istilah PPKM Darurat Jawa Bali masih digunakan pada Inmendagri 15/2021, Inmendagri 16/2021, Inmendagri 18/2021, dan Inmendagri 19/2021.
0
Penyalahgunaan Spyware Merusak Tatanan Masyarakat Demokratis
Komisioner Tinggi PBB untuk urusan HAM, Michelle Bachelet, menyampaikan peringatan tentang penyalahgunaan teknologi pemindaian