UNTUK INDONESIA
Cuaca Ekstrem, PMI di Sulsel Diminta Dirikan Posko
PMI Sulsel meminta kepada PMI Cabang di 24 Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan untuk mendirikan posko siaga bencana.
Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan. (Foto: Tagar/Humas Pemda Gowa)

Makassar - Palang Merah Indonesia (PMI) seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Selatan diminta untuk mendirikan posko siaga bencana. Permintaan ini berdasarkan surat edaran yang diteken Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan.

Sekretaris PMI Sulsel, Lutfi Kadir mengatakan bahwa surat edaran perihal imbauan Adnan Purichta telah sampai ke PMI di 24 Kabupaten dan Kota se-Sulsel. Bahkan surat imbauan kedua telah diedarkan peda tanggal 4 Januari 2020.

"Sudah memang ada posko bencana itu, Jadi pak Ketua (Adnan Purichta Ichsan) kemarin mengedarkan lagi surat ke seluruh Sulawesi Selatan untuk kesiapsiagaan bencana," kata Lutfi Kadir, Minggu 5 Januari 2020.

Setiap kabupaten kota itu diminta untuk kesiapsiagaannya.

Dia melanjutkan, perintah mendirikan posko itu setelah memantau kondisi dan curah hujan sekarang ini, serta rilis BMKG. Dikatakan Lutfi hal itu sebagai bentuk kesiapsiagaan kemungkinan bencana yang terjadi saat cuaca yang mulai cukup ekstrim ini.

"Setiap kabupaten kota itu diminta untuk kesiapsiagaannya. Sebenarnya posko itu melekat pada palang merah kesiapannya. Jadi hanya mengingatkan kembali supaya menghadapi cuaca yang ekstrim sekarang ini semua relawan PMI ini memfokuskan menyikapi kesiapsiagaan adanya kemungkinan bencana di sekitarnya," jelasnya.

Untuk pusat informasi, Adnan juga mendirikan posko di Markas PMI Sulsel, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar. Posko tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan, seperti radio sebagai pusat informasi.

Dia melanjutkan, radio PMI Sulsel sudah sampai dan bisa terkoneksi seluruh Nusantara.

"Bisa memberikan informasi kemana-mana kalau ada bencana, radio itu bisa menjangkau di seluruh Nusantara menerima juga informasi, jadi kita punya pemancar itu di lnatai teratas sana," ungkapnya.

Lutfi Kadir memastian peralatan yang dimiliki PMI Sulsel sudah standby, khususny perahu karet jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Perahu karet itu ada di gudang kita yang di kawasan tol sana standby, ada juga kita siapkan di Makassar dan juga ada di Kabupaten Gowa kita tempatkan," ujarnya. []

Berita terkait
Tiga Warga Gowa Tertimpa Pohon Tumbang
Tiga warga Gowa menjadi korban pohon tumbang, satu diantaranya dirujuk ke rumah sakit karena menderita luka-luka.
Kapolres Gowa Keliling Imbau Warga Waspada Banjir
Kapolres Gowa Boy Samola keliling di bantaran sungai Jenneberang memberikan imbauan kepada warga untuk antisipasi banjir.
Posko Siaga Antisipasi Cuaca Ekstrim di Gowa
Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim di Gowa, Pemkab sudah menyiapkan posko siaga. Posko ini untuk memberi respon cepat jika terjadi bencana.
0
Urutan Kejadian Warga Tegal Tewas Dianiaya Tetangga
Hanya karena masalah sepele, remaja di Tegal menganiaya hingga tewas tetangganya sendiri. Urutan kejadian peristiwa itu dibeber istri korban.