Cuaca Ekstrem Pencarian Korban Longsor di Bogor Dihentikan

Tim SAR gabungan bersama petugas BPBD Kabupaten Bogor akan melanjutkan pencarian hari ini.
Lokasi longsor di Gunung Pongkor, Kabupaten Bogor. (Foto: Tagar/Humas Polres Bogor)

Bogor - Hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Bogor, menyebabkan tim gabungan menghentikan pencarian seorang penambang emas ilegal yang dinyatakan hilang tertimbun tanah longsor di Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Korban bernama Sudian pria berusia 36 tahun asal Kampung Siranggap, RW04 RT04 Desa Nanggung Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, dikabarkan tertimbun longsoran pada Jumat sore, 7 November 2020.

Kapolsek Nanggung Iptu Dedi Hermawan mengatakan, usai menerima laporan, pihaknya langsung membentuk tim pencarian terdiri gabungan anggota polsek, muspika dan sekuriti PT Antam.

"Setelah menerima informasi kami langsung membentuk tim gabungan untuk melakukan pencarian terhadap korban yang tertimbun longsoran tanah," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 November 2020.

Pencarian yang dilakukan di lokasi bekas galian tambang emas PT Antam hingga Minggu, 8 November 2020 belum membuahkan hasil. Cuaca buruk dan hujan lebat yang terus menerus mengguyur Bogor menjadi kendala bagi tim gabungan.

Kabar para penambang emas ilegal tertimbun tanag longsor di Gunung Pongkor bukan kali ini saja t erjadi. Pada Mei 2019, sebanyak delapan orang tertimbun longsor di kawasan tersebut. Sebanyak dua orang meninggal dalam peristiwa tersebut.

Selain itu, kondisi medan yang sulit dan akses jalan terjal dan curam menyebabkan alat berat sulit diterjunkan ke lokasi.

"Hingga Minggu sore, karena cuaca hujan terus menerus sehingga kami menghentikan sementara proses pencarian korban,' tutur Dedi.

Baca juga: Longsor Hantam 1 Rumah dan Timbun Sawah Warga Agam

Baca juga: Cerita Tukang Soto yang Dapurnya Tertimbun Longsor di Sleman

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena ketika dihubungi Tagar mengatakan tim SAR gabungan bersama petugas BPBD Kabupaten Bogor akan melanjutkan pencarian hari ini.

"Rencana hari ini dengan BPBD (Kabupaten Bogor) ke lokasi pencarian pencarian," kata Ita.

Kabar para penambang emas ilegal tertimbun tanah longsor di Gunung Pongkor bukan kali ini saja terjadi. Pada Mei 2019, sebanyak 8 orang tertimbun longsor di kawasan tersebut. Sebanyak dua orang meninggal dalam peristiwa tersebut. []

Berita terkait
Longsor Hantam 1 Rumah dan Timbun Sawah Warga Agam
Bencana longsor di Kabupaten Agam menimbun lahan pertanian warga dan menghantam 1 unit rumah.
Cerita Tukang Soto yang Dapurnya Tertimbun Longsor di Sleman
Tanah longsor menerjang Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Tanah longsor menimbun dapur warung soto di lokasi kejadian. Berikut pengakuannya.
6 Kandang Ayam Milik Warga Ikut Tertimbun Longsor di Sleman
Longsor terjadi di wilayah Padukuhan Gebang, Kelurahan Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.