UNTUK INDONESIA
CPNS 2019, Banda Aceh Sediakan 195 Formasi
Pemerintah Kota Banda Aceh membuka 195 formasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.
Kantor Balai Kota Banda Aceh. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Banda Aceh - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka Senin 11 November 2019. Bagi para pelamar bisa mendaftar melaui link sscn.bkn.go.id.

Khusus untuk Pemerintah Kota Banda Aceh, ada 195 formasi yang dibuka, yakni 192 formasi umum dan tiga untuk formasi khusus (disabilitas). Dari jumlah itu, formasi terbanyak adalah tenaga kependidikan di mana tersedia 112 formasi.

Kemudian tenaga kesehatan 60 formasi dan tenaga teknis 23 formasi. Hal itu berdasarkan pengumuman Wali Kota nomor 1 tahun 2019 tentang pengadaan CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh yang ditandatangani Wali Kota Aminullah Usman tertanggal 9 November lalu.

Bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi sudah bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Banda Aceh, Taufiq Alamsyah menyebutkan, penerimaan CPNS di lingkungan pemko setempat terbuka untuk seluruh penduduk Indonesia. Bagi peserta yang ber KTP Banda Aceh IPK-nya minimal 2,70. Sedangkan untuk warga yang ber KTP di luar Banda Aceh harus memiliki IPK minimal 3,00.

Dia menjelaskan, untuk mekanisme tes dan lainnya, masih sama dengan pendaftaran CPNS pada tahun lalu. Ujian juga dilakukan dengan sistem CAT.

“Dengan pengumuman yang telah dikeluarkan ini, bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi sudah bisa mempersiapkan diri dari sekarang,” ujar Taufiq kepada wartawan di Banda Aceh, Senin 11 November 2019.

Disebutkan Taufiq, bagi pelamar yang ingin mendaftar, persyaratan lengkap dapat dilihat di portal berita resmi Pemko Banda Aceh, www.bandaaacehkota.go.id yang telah menayangkan dokumen persyaratan lengkap.

Seperti diketahui, dari jadwal resmi yang telah dikeluarkan BKN, tahapan penerimaan CPNS 2019 akan berlangsung hingga April 2020. Pada CPNS 2019, pemerintah pusat mengalokasi 197.111 formasi yang terbagi pada instansi pusat dan daerah

Setelah pembukaan registrasi secara daring (online) pada November 2019. Pada Desember 2019, dijadwalkan pengumuman hasil seleksi administrasi. 

Proses rekrutmen CPNS 2019 akan berjalan lintas tahun atau sampai tahun depan. Pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada Januari 2020. 

Pelaksanaan SKD dijadwalkan berlangsung Februari 2020. Hasil SKD rencananya akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020. []

Baca Juga: 

Berita terkait
Mahasiswa Aceh Unjuk Rasa Protes Realisasi APBA
Sejumlah mahasiswa menggelar unjuk rasa bentuk protes atas lambatnya realisasi (APBA-P) di depan Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Aceh.
Bupati Diminta Tutup Warung Remang di Aceh Singkil
Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) meminta Bupati Aceh Singkil segera menutup warung remang-remang hiburan karaoke di Aceh Singkil, Aceh.
Akses Internet Aceh Singkil Terancam Kena Blokir
Akses Internet Virtual Private Network (VPN) Aceh Singkil terancam blokir panjang sehingga masyarakat melakukan pengurusan administrasi terhambat.
0
Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan BBM Subsidi
Polda Jatim setidaknya menyita 2.160 ton solar subsidi dan mengamankan enam orang.