Covid-19, U2 Suntik Industri Musik Irlandia Rp 23 Miliar

Band U2 tak lupa tanah kelahiran dengan menyuntik dana segar Rp 23 miliar bagi industri musik terkena imbas Covid-19 di Irlandia.
Band asal Irlandia, U2. (Foto: Joel Ryan/Invision/AP/dpa)

Jakarta - "Setinggi-tinggi bangau terbang, surutnya ke kubangan," peribahasa itu pantas tersemat di U2. Grup musik itu kembali memberikan suntikan dana segar 1,2 juta poundsterling atau sekitar Rp 23 miliar bagi industri musik yang terkena imbas pandemi Covid-19 di kota kelahiran mereka di Irlandia.

Dikutip dari Billboard, sumbangan itu untuk industri musik live yang paling terdampak pandemi Covid-19. Konser dan event musik diketahui tak dapat digelar selama beberapa bulan belakangan sejak virus corona mewabah di dunia.

Suntikan dana segar sebelumnya juga pernah diberikan band yang beranggotakan Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen itu kepada publik musik di Irlandia. Ketika itu, U2 menggelontorkan 10 juta euro atau sekitar Rp 173 miliar.

Baca juga:

Jumlah sumbangan itu termasuk dari hasil penggalangan dana sebesar 200 ribu euro yang dihimpun Bono dan The Edge dengan cara 'mengamen' pada 28 Juli 2020.

Bono dan The Edge 'mengamen' secara akustik membawakan lagu klasik dari band Led Zapellin berjudul Stairway To Heaven. Dalam acara virtual itu, anggota band yang mempopulerkan tembang Sweetest Thing tersebut ingin berbagi hasil penggalangan dana kepada kru konser yang setia menemani band ketika menjalankan tur.

Bono mengatakan ketika awal sesi penggalangan dana, lagu yang dirilis pada tahun 1971 oleh Led Zapellin itu belum pernah dimainkan sekali pun oleh U2 di atas panggung. Ia pun menganggap ini momen istimewa baginya dan publik yang ikut dalam acara tersebut.

"Ke mana pun Anda pergi di dunia, di mana pun tempat yang pernah Anda kunjungi -apakah itu Olympia, atau 3 Arena, atau Madison Square Garden-," ujar Bono dalam acara itu.

"Anda tak lama lagi akan mendengar lagu yang bisa kami katakan, 'Kami tidak akan pernah memainkan ini. Dan itu benar, Stairway to Heaven'," ujarnya.

Berita terkait
BTS Rilis Lagu Berbahasa Inggris, Dengarkan di Sini
Boyband BangTan Sonyeondan atau BTS mengumumkan akan merilis single baru pada Jumat, 21 Agustus 2020.
Serius Nyapres, Kanye West Sewa Penasihat Politik
Penyanyi rap Kanye West menyewa tim panasihat politik agar mampu mendompleng suaranya menjadi presiden saat pemilihan umum 2020.
Idris Elba Rilis Lagu Demi Warga Terdampak Covid-19
Banyak cara untuk beramal kepada masyarakt terdampak Covid-19. Bagi aktor Holywood, Idris Elba, dengan merilis lagu baru.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.