UNTUK INDONESIA
Corona Belum Masuk Indonesia Buah dari China Disetop
Langkah antisipasi tetap dilakukan, di antaranya dengan menghentikan impor buah-buahan dari China.
Fadholi, anggota MKD DPR RI ketika kunker di Mapolda Sumut.(Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Sejauh ini virus corona belum terdeteksi masuk ke Indonesia. Langkah antisipasi tetap dilakukan, di antaranya dengan menghentikan impor buah-buahan dari China.

Fadholi, anggota DPR RI dari Komisi IX DPR RI menegaskan itu saat berkunjung bersama Majelis Kehormatan DPR RI di Mapolda Sumatera Utara, Rabu 12 Februari 2020 di Medan.

Kata Fadholi, virus yang katanya berbahaya bagi manusia ini dipastikan belum menyebar sampai ke Indonesia. Diketahui setelah pihaknya melakukan dapat dengar pendapat dengan Kementerian Kesehatan.

"Virus corona sampai sekarang belum ada di Indonesia, kita dari DPR RI sudah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, kita sudah RDP dengan Kementerian Kesehatan," kata Fadholi.

Sedangkan terkait dengan WNI yang ada di Natuna, menurut dia, pihaknya sudah menerima audiensi Bupati Natuna dan masyarakat di sana. Ditemukan solusi seperti membuka posko-posko untuk menangani masalah, dan memperbanyak tenaga medis.

 Kemudian buah dari China juga sudah dihentikan

Pemerintah pun telah menghentikan sementara penerbangan rute Indonesia menuju China dan sebaliknya serta pengehentian impor buah dari China.

"Sekarang ini, pemerintah juga sudah menutup penerbangan yang langsung berhubungan dengan China. Kemudian buah dari China juga sudah dihentikan," kata Fadholi.

Fadholi menegaskan, garda terdepan mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia adalah Imigrasi.

"Satu penanganan yang sangat serius adalah Imigrasi, lalu tertularnya virus corona karena adanya kontak langsung antara berpenyakit dengan yang tidak. Kemudian, semuanya harus dideteksi apakah itu corona atau tidak," tandasnya.

Kementerian Perhubungan diketahui telah melarang maskapai penerbangan nasional beroperasi dari dan ke Kota Wuhan, China, untuk sementara waktu.

Hal itu untuk menghindari penyebaran virus corona masuk ke Indonesia. Larangan ini sebagai tindak lanju dari Notam G0108/20 yang dirilis oleh International Notam Office Beijing.[]

Berita terkait
Penumpang Positif Virus Corona Naik Lion Air ke Bali
Humas Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengkonfirmasi isu adanya penumpang positif corona terbang dari Wuhan menuju Bali pada 22 Januari 2020.
Dinkes Bali Bentuk Tim Contact Tracking Virus Corona
Tim Contact Tracking untuk melacak sejumlah tempat yang pernah didatangi turis China terjangkit virus corona saat berlibur ke Bali.
Takut Corona, Pameran MWC 2020 Akhirnya Dibatalkan
Hajatan akbar para pelaku industri telekomunikasi, Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol akhirnya dibatalkan.
0
Underpass Kemayoran Tenggelam
Hujan deras sejak tadi malam hingga pagi hari menenggelamkan underpass Kemayoran di Jalan HBR Motik, Jakarta Pusat.