UNTUK INDONESIA
Penumpang Positif Virus Corona Naik Lion Air ke Bali
Humas Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengkonfirmasi isu adanya penumpang positif corona terbang dari Wuhan menuju Bali pada 22 Januari 2020.
Pesawat Wings Air (Foto: babel.antaranews.com/ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Jakarta - Salah satu pasien bernama Jin yang terjangkit virus corona pernah mengunjungi Bali, pernyataan tersebut disampaikan Huainan Center for Disease Control and Prevention (CDC) melalui unggahan Weibo, Kamis, 6 Februari 2020.

Jin disebut menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-2618 dari Tianhe, Wuhan menuju Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu, 22 Januari 2020, dan kembali ke Shanghai pada Selasa, 28 Januari 2020, dengan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA858.

Mengkonfirmasikan hal itu Humas Lion Air Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan tertulis yang diterima Tagar, Rabu, 12 Februari 2020, menjelaskan bahwa memang benar Lion Air dengan kode penerbangan JT-2618 terbang dari Wuhan menuju Bali pada tanggal tersebut.

"Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini mengenai layanan penerbangan internasional bernomor JT-2618 dari Bandara Udara Internasional Tianhe Wuhan di Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (WUH) tujuan Denpasar melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) pada Rabu, 22 Januari 2020, telah dioperasikan sesuai standar prosedur," tulis Danang.

Salah satu pasien bernama Jin yang terjangkit virus corona pernah mengunjungi Bali

Menanggapi penumpang yang terjangkit virus corona dengan jelas maskapai asal Indonesia itu menampik kabar yang beredar, bahwa mereka sudah melakukan pengecekan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dan tidak ada satupun penumpang yang terindikasi terkena virus yang dimaksud.

"Ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara (apron), petugas teknisi bekerjasama dengan pihak terkait melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku," tulisnya.

Tercatat hingga 22-26 Januari 2020, Lion Air masih melakukan penerbangan rute Bali menuju Wuhan, tetapi hanya menyertakan kru tidak membawa tamu atau penumpang, dan pada Rabu, 29 Januari Lion Air telah menghentikan penerbangan menuju China. []

Berita terkait
Dinkes Bali Bentuk Tim Contact Tracking Virus Corona
Tim Contact Tracking untuk melacak sejumlah tempat yang pernah didatangi turis China terjangkit virus corona saat berlibur ke Bali.
Takut Corona, Pameran MWC 2020 Akhirnya Dibatalkan
Hajatan akbar para pelaku industri telekomunikasi, Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol akhirnya dibatalkan.
Jawa Barat Siaga Satu Virus Corona
Sampai saat ini tidak ada satu orang pun warga Jawa Barat yang terkonfirmasi positif terpapar virus Corona atau COVID-19
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.