UNTUK INDONESIA

Coca-Cola Beri Bantuan ke Pemulung dan Petugas Kebersihan

Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama mitra sedang memberikan bantuan kepada pemulung serta petugas kebersihan.
Coca-Cola bersama mitra salurkan bantuan kepada pemulung, Kamis, 7 Januari 2021. (Foto:Tagar/CocaCola)

Jakarta - Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama mitra sedang memberikan bantuan kepada pemulung serta petugas kebersihan, termasuk masyarakat yang mudah terpapar Covid-19. Kegiatan tersebut menyasar mereka yang berprofesi rentan terkena virus akibat aktivitas lingkungan luar,  Kamis, 7 Januari 2021. 

CCFI bekerja sama dengan dua yayasan yang bergerak di bidang lingkungan dan kemanuasia, yaitu Greeneration Foundation dan BenihBaik.com menyalurkan paket bantuan kepada 6.290 pemulung serta petugas kebersihan di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu pihak yang sering luput dari perhatian adalah para pelaku atau pekerja di sektor persampahan. Inisiatif ini merupakan respon kepedulian Coca-Cola dalam memberikan perhatian

Coca-Cola berdonasi sejumlah RP 1,4 miliar yang diserahkan kepada BenihBaik.com yang nantinya didistribusikan dalam bentuk sembako dan perlengkapan kesehatan kepada 3.790 pemulung yang berada di Bekasi Bekasi, Jakarta Utara, Tangerang, Pontianak, Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan yang disalurkan oleh Dompet Kemanusiaan Media Group (DKMG). 

Sementara Greeneration Foundation memberikan bantuan seperti Alat Pelindung Diri (APD), sembako, hygiene kit dan modul edukasi COVID-19 kepada 2.500 pemulung dan petugas persampahan yang sudah berjalan secara bertahap di 25 wilayah di Indonesia.

"Salah satu pihak yang sering luput dari perhatian adalah para pelaku atau pekerja di sektor persampahan. Inisiatif ini merupakan respon kepedulian Coca-Cola dalam memberikan perhatian serta perlindungan kepada para pemulung dan petugas sampah yang merupakan garda terdepan dalam menjaga kebersihan lingkungan yang dalam tugasnya kerap bersentuhan langsung dengan sampah terutama di masa pandemi COVID-19," Kata Wakil Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia, Triyono Prijosoesilo.

Program “Bantu Pemulung dan Petugas Persampahan Aman dari COVID-19” bersama dengan Greeneration Foundation, akan menyalurkan bantuan secara bertahap mulai Desember 2020 hingga Januari 2021. 

Bantuan tersebut berupa paket sembako yang berisikan beras, minyak goreng, gula, susu, dan mie instan, Alat Pelindung Diri (APD) yaitu berupa masker daur ulang, sarung tangan, topi, dan sepatu boot, Hygiene Kit yakni sabun cuci tangan dan hand sanitizer; serta Modul Edukasi COVID-19 yang sudah disunting oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Sementaea 25 titik wilayah penyaluran yang menjadi target dalam program ini diantaranya Aceh, Padang, Lampung, Pekanbaru, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Kabupaten Malang, Kota Batu, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, Maumere, Mataram, Ternate, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Kabupaten Kapuas, Makassar, Palu, Gorontalo, Kendari dan Manado.

"Jumlah pekerja di sektor persampahan di Indonesia saat ini cukup besar, yaitu sebanyak 300.000 pemulung, 600.000 petugas persampahan dan 2,4 juta keluarga pemulung. Melalui dukungan ini, kami berharap dapat membantu sebagian pemulung dan petugas persampahan di beberapa wilayah yang masih terus harus bekerja dan mencari nafkah di tengah pandemi COVID-19," jelas Founder Greeneration Foundation, Mohamad Bijaksana Junerosano.

Dalam melaksanakan penyaluran bantuan didukung oleh 25 mitra lokal yang atas komunitas, organisasi, lembaga pemerintah, sampai lembaga pendidikan yang bertugas membantu, mulai dari proses persiapan dan pendataan penerima manfaat, pembelian beberapa paket bantuan, pengemasan, edukasi dan penyaluran secara langsung baik melalui metode door to door maupun menggunakan metode penyaluran berjarak.

Proses penyaluran paket bantuan dibuka dengan pemberian informasi dan edukasi terkait pencegahan COVID-19 berdasarkan Modul Edukasi COVID-19.

"Menjadi jembatan kebaikan bagi sesama bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Apa yang dilakukan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia untuk 3.790 pemulung sungguh menyentuh hati banyak orang. Di tengah pandemi, kita tentu tidak ingin meninggalkan sesama kita hidup dalam kesulitan. Terima kasih untuk kepercayaan Coca-Cola Foundation Indonesia atas kesempatan bagi BenihBaik.com dan DKMG menyalurkan bantuan ini," kata Andy F. Noya, Founder sekaligus CEO BenihBaik.com. []

(Handini Nuramelia) 

Baca juga: 

Berita terkait
Pemulung & Mantan Driver Ojol Dapat Keterampilan di BRSEGP
3 pemulung yang salah satunya mantan driver ojek online bersedia menerima ajakan Mensos Risma untuk mendapatkan keterampilan di BRSEGP.
Setelah Bertemu Mensos, Pemulung Buat Kompos di BRSEGP
Mensos sejak hari pertamanya bekerja selalu temui PPKS di jalan, setelahnya PPKS akan dibawa ke BRSEGP untuk mendapatkan berbagai penanganan.
Bobby Nasution Beri Solusi Alih Profesi Pemulung di Medan
Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution akan memfasilitasi sejumlah pemulung di Medan untuk membuka usaha.
0
Coca-Cola Beri Bantuan ke Pemulung dan Petugas Kebersihan
Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama mitra sedang memberikan bantuan kepada pemulung serta petugas kebersihan.