Chrome OS Media App Resmi Tambah Tiga Fitur Baru

Chrome OS Media App menghadirkan tiga fitur baru, antara lain filter warna, annotation tools (alat anotasi), dan dukungan EXIF.
Ilustrasi Chrome OS Media App. (Foto: AndroidPolice)

Jakarta - Chrome OS Media App merupakan salah satu dari sedikit aplikasi yang telah ada sejak Google merilis sistem operasi hampir satu dekade lalu. Sama seperti pengelola file, namun keberadaannya seperti diabaikan saat perusahaan terus meluncurkan pembaruan OS.

Meskipun menerima perombakan visual yang cukup signifikan dan adanya perubahan nama menjadi Media App (aplikasi media) pada tahun 2020, sayangnya masih ada kekurangan kemampuan dalam pengeditan foto. Hal itu kemungkinan akan berubah karena kini Google sedang bereksperimen dengan menambah beberapa fitur baru.

Mengutip informasi dari laman AndroidPolice, baru-baru ini terlihat di saluran Canary Chrome OS, aplikasi ini nantinya akan menghadirkan tiga fitur baru, antara lain filter warna, annotation tools (alat anotasi), dan dukungan EXIF.

Berikut Tagar rangkumkan tiga fitur baru yang dihadirkan Chrome OS Media App:

Chrome OS Media AppTampilan fitur filter warna Chrome OS Media App. (Foto: AndroidPolice)

1. Filter Warna

Fitur ini menawarkan dua belas filter berbeda mulai dari monokromatik hingga warna pop yang menarik. Fitur yang ditawarkan mirip dengan yang ada di versi web Google Foto.

Untuk mencoba filter warna ini pengguna dapat memilih enable colorFilterTool dari menu Media app's Experiments.

Chrome OS Media AppTampilan fitur Annotation Tools Chrome OS Media App. (Foto: AndroidPolice)

2. Annotation Tools

Setelah sekian lama Google akhirnya menambahkan sistem anotasi gambar yang tepat ke Chrome OS. Membuat anotasi gambar dengan fitur baru ini cukup mudah. Intrumen gambar diatur dengan rapi di sisi kanan Media App.

Memiliki akses ke untuk menghapus, pena, penyorot, ukuran tinta berkisar dari ekstra tipis hingga sangat tebal serta sedikit pilihan warna pada tinta. Fitur ini berguna untuk mencatat catatan setelah mengambil tangkapan layar.

Cara untuk memulai mencoret-coret foto, yakni harus mengaktifkan chrome://flags/#media-app-annotation. Setelah memulai ulang Chromebook, pengguna akan dapat mengakses alat anotasi baru dari bilah Media app’s.

Selain itu, pengguna juga dapat menandai PDF di dalam Media App jika mengaktifkan chrome://flags/#media-app-pdf-in-ink.

3. Dukungan EXIF

EXIF (exchangeable image file) merupakan metadata yang khusus dipakai dalam dunia fotografi digital. Sama halnya dengan filter warna, dukungan EXIF dapat diaktifkan dengan membuka menu eksperimen di Media app, lalu pilih "Enable saveExif".

Fitur ini belum berfungsi di Media app, namun kemungkinan tata letaknya akan mirip dengan yang ditemukan di pengelola file Chrome OS dan terdapat baris untuk dimesi gambar, camera make, pengaturan yang digunakan untuk menangkap gambar (aperture, ISO, size of the lens), serta lokasi foto. []

(Cherryn Lagustya)


Berita terkait
Bocoran Terbaru, Laptop Huawei Bakal Usung Chipset Kirin
Sebuah bocoran terbaru menyoroti fitur dan laptop terbaru perusahaan asal Tiongkok, Huawei, yang kabarnya bakal didukung oleh chipset Kirin.
5 Rekomendasi Laptop Terbaik Sepanjang Tahun 2020
Berikut Tagar rangkumkan sederet produk laptop terbaik yang dirilis sepanjang tahun 2020 dengan keunggulannya masing-masing.
3 Smartphone Siap Rilis di Januari 2021
Berikut Tagar rangkumkan 3 produk smartphone yang diagendakan rilis pada Januari 2021.
0
Myanmar di Ambang Perang Saudara Sejak Kudeta Militer
Eskalasi kekerasan dalam beberapa pekan terakhir yang melibatkan warga antikudeta mengindikasikan ancaman perang saudara