UNTUK INDONESIA
Chelsea vs Liverpool, Susunan Pemain dan Prediksi
Chelsea kurang diunggulkan saat menjamu Liverpool dalam big match Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu 22 September 2019 malam.
Chelsea kurang diunggulkan saat menjamu Liverpool dalam big match Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu 22 September 2019 malam. Kedua tim saat berduel di UEFA Super Cup yang dimenangkan Liverpool. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Chelsea berkesempatan membalas kekalahan di UEFA Super Cup sekaligus menjadi tim pertama yang mengalahkan Liverpool. Hanya dalam big match dua anggota big six di Liga Premier Inggris, Minggu 22 September 2019 ini, Chelsea tak diunggulkan. Padahal mereka berlaga di kandang sendiri di Stadion Stamford Bridge. 

Chelsea sudah berduel melawan Liverpool di awal musim di ajang UEFA Super Cup. Laga mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Europa itu dimenangkan Liverpool 5-4 lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2. 

Kini, The Blues mendapat kesempatan untuk membalas kekalahan itu saat mereka kembali bertemu di kompetisi domestik. Bila memenuhi target, Chelsea menjadi tim pertama yang menaklukkan The Reds

Liverpool memang on fire dan langsng melesat membabat semua lawan. Termasuk Arsenal, salah satu tim big six, yang dihabisi pasukan Juergen Klopp 3-1 di Anfield. 

Hanya rekor kemenangan 100 persen itu ternoda saat Liverpool berlaga di Liga Champions. Mereka ditaklukkan tuan rumah Napoli 2-0.

Nasib sama dialami Chelsea yang menjamu Valencia. Mereka gagal meraih poin setelah dipaksa menyerang 0-1 oleh Valencia.

Namun manajer Frank Lampard tegaskan kekalahan itu sudah dilupakan Tammy Abraham dkk. Kini klub London barat itu sepenuhnya fokus menghadapi Liverpool. 

Dengan skema 4-3-3 yang digelar Lampard, bintang muda Fikayo Tomori dan Andreas Christensen akan menempati posisi sebagai bek tengah. Sedangkan kapten Cesar Azpilicueta tetap di posisi bek kanan dan Emerson di bek kiri. Kiper Kepa Arrizabalaga bakal bekerja ekstrakeras menghadapi serangan The Kop

Bagaimana dengan lini tengah? Kondisi N’Golo Kante menjadi perhatian Lampard. Bila fit, gelandang bertahan asal Prancis ini dipastikan menjadi starter. Ketangguhan Kante bisa menghalangi laju serangan Liverpool. Dirinya akan bahu-membahu dengan dua gelandang Jorginho dan Mateo Kovacic. 

Sedangkan tiga di depan, Lampard mengandalkan Christian Pulisic sehingga Mount Mason bakal duduk di bench. Hanya Lampard mengisyaratkan akan memberi kesempatan bermain kepada Mason. Pulisic sendiri akan berkolaborasi dengan Abraham dan Willian. 

Menurunkan Skuat Terbaik

Liverpool tidak dihadapkan dengan problem cedera pemain. Ini memungkinkan Klopp menurunkan skuat terbaik. Hanya kiper Alisson Becker yang masih bergulat dengan cederanya. Posisi dia kembali diambil alih oleh Adrian. 

Klopp mempertahankan skema 4-3-3 dengan bertumpu kepada bek tengah Virgil van Dijk yang menunjukkan konsistensinya sebagai palang pintu Liverpool. Dirinya berduel dengan Joel Matip. Sedangkan Andrew Robertson menempati posisi bek kiri dan Trent Alexander-Arnold bermain di bek kanan.

Di tengah, gelandang bertahan Fabinho menjadi kunci mematahkan serangan Chelsea. Sedangkan posisi kapten Jordan Henderson tak tergantikan. Gelandang Georginio Wijnaldum juga kembali menjadi starter sehingga James Milner akan duduk di bangku cadangan. 

Trio lini depan Liverpool, Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane akan menjadi momok pertahanan Chelsea. Mereka tengah mencapai puncak dan para bek tuan rumah harus bekerja keras untuk meredamnya. 

Tampil di kandang sendiri tidak menjamin Chelsea diunggulkan. Apalagi rekor pertemuan di sembilan laga terakhir kurang bagus bagi tuan rumah. Chelsea hanya sekali menang dari tiga kali kalah menghadapi Liverpool. Sedangkan lima laga lain berakhir imbang. 

Sebaliknya, Liverpool akan menjadi tim pertama yang memenangi enam pertandingan pertama di Liga Premier. Mereka juga tak terkalahkan selama 22 pertandingan terakhir di kompetisi. Liverpool tercatat 18 kali menang dan imbang empat kali. 

Kedua tim berusaha bangkit setelah mengalami kekalahan di Liga Champions. Namun Chelsea masih menghadapi problem di lini belakang yang rapuh. 

Padahal, mereka menghadapi tim yang sangat produktif. Ini menjadikan bursa lebih mengunggulkan Liverpool. Bursa nge-voor Chelsea setengah (1/2:0) yang menunjukkan Liverpool diprediksi menang dengan skor ketat. 

Hanya, Chelsea tetap berpeluang membalikkan prediksi. Bila pertahanan kembali solid dan Abraham menunjukkan ketajamannya, peluang mengambil poin tetap terbuka. 

Susunan Pemain

 Chelsea (4-3-3): Kepa-Azpilicueta, Tomori, Christensen, Emerson; Kante, Jorginho, Kovacic; Pulisic, Abraham, Willian

Liverpool (4-3-3): Adrian-Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Bursa

Chelsea vs Liverpool 1/2:0 (tips Liverpool) []

Berita terkait
Chelsea Vs Liverpool, Sulit Menang Lawan Big Six
Liverpool sulit menang setiap kali tandang melawan anggota big six. Namun Liverpool optimistis meraih sukses saat dijamu Chelsea, Minggu besok.
Jadwal Liga Inggris Pekan Ini, Ada Chelsea vs Liverpool
Liga Inggris pekan keenam mulai bergulir akhir pekan ini, paling tidak tujuh klub Liga Inggris yang bertarung di kompetisi Eropa tengah pekan ini
Jelang Laga Besar, Klopp Puji Pemain Muda Chelsea
Manajer Liverpool Juergen Klopp memuji pemain muda Chelsea yang menjadi andalan saat kedua tim berduel di Liga Premier, Minggu 22 September 2019.
0
Pantaskah Sandiaga Uno Jadi Ketua Umum Partai Gerindra?
Pengamat politik UAI Ujang Komarudin mengatakan isu Sandiaga Uno menggantikan posisi Ketua Umum Partai Gerindra bukan hal asing.