UNTUK INDONESIA
Jelang Laga Besar, Klopp Puji Pemain Muda Chelsea
Manajer Liverpool Juergen Klopp memuji pemain muda Chelsea yang menjadi andalan saat kedua tim berduel di Liga Premier, Minggu 22 September 2019.
Striker muda Tammy Abraham kembali menjadi andalan Chelsea saat melawan Liverpool di Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu 22 September 2019 malam WIB. Abraham merupakan salah satu pemain yang dipuji manajer Liverpool Juergn Klopp. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Chelsea sukses membangun tim anyar dengan mengandalkan pemain muda seperti Tammy Abraham (21), Mason Mount (20), Fikayo Tomori (21) sampai Callum Hudson-Odoi (18). Manajer Liverpool Juergen Klopp tak segan memuji pemain muda yang menjadi tulang punggung Chelsea. 

Liverpool akan melakoni laga tandang melawan Chelsea di kompetisi Liga Premier Inggris di Stamford Bridge, Minggu 22 September 2019 malam WIB. Manajer Frank Lampard bakal kembali mengandalkan pemain muda. Dan, ini yang diwaspadai Klopp. 

Chelsea memang belum stabil sejak ditangani Lampard yang juga terhitung masih muda untuk menangani tim elite Liga Premier. Usai menghajar Wolverhampton Wanderers 5-2 di kompetisi domestik, Chelsea malah kalah 0-1 dari Valencia di ajang Liga Champions. Padahal, The Blues bermain di kandang sendiri. 

Mereka tim yang mengesankan. Ini mengingatkan tim saya, Dortmund, beberapa tahun silam. Saat itu banyak pemain muda di tim. Bahkan beberapa di antaranya lebih muda dibandingkan pemain Chelsea saat ini

Meski demikian, Klopp tetap respek kepada pasukan muda klub London barat ini. Bahkan Klopp menuturkan bila tim muda mengingatkan pada Borussia Dortmund yang pernah ditanganinya selama bertahun-tahun. 

Pria asal Jerman ini membangun Dortmund dengan mengandalkan deretan pemain muda. Beberapa di antaranya seperti Mario Goetze, Nuri Sahin, Robert Lewandowski sampai anak muda asal Jepang Shinji Kagawa yang sempat diboyong ke Manchester United. 

Bersama mereka, Dortmund mampu menggoyang dominasi Bayern Munich di Bundesliga Jerman dan bahkan sempat bersaing di kompetisi Eropa. Saat itu, Dortmund menjadi juara liga dua kali berturut-turut dan mencapai final Liga Champions 2013. 

Bayern yang dipermalukan pun 'menghabisi' Dortmund dengan membajak dua pilarnya, Lewandowski dan Goetze. Saat itu, Bayern yang bertabur bintang tetap sulit bersaing sehingga tidak ada pilihan lain kecuali memangkas kekuatan sang rival dengan merebut dua pemain itu.

Menurut Klopp ada kesamaan antara Dortmund di tahun-tahun itu dan Chelsea saat ini. Klopp mengakui meski masih muda namun pemain Chelsea memiliki kualitas bagus. 

"Mereka tim yang mengesankan. Ini mengingatkan tim saya, Dortmund, beberapa tahun silam. Saat itu banyak pemain muda di tim. Bahkan beberapa di antaranya lebih muda dibandingkan pemain Chelsea saat ini," tutur Klopp seperti dikutip Sport Ndtv

"Orang mengatakan mereka masih terlalu muda. Tetapi pemain muda itu dimainkan karena memang sangat bagus. Bila tidak dimainkan bukan berarti mereka masih muda," ujarnya. 

Memanggil Alumni Akademi

Sanksi tidak boleh membeli pemain yang dijatuhkan kepada Chelsea memaksa Lampard memanggil alumni akademi, Abraham, Mount dan Tomori. Hasilnya tak mengecewakan karena Abraham sudah mengoleksi tujuh gol musim ini. Performa Mount juga kian membaik dan matang.  

"Dia (Mount) akan mendapat kesempatan bermain. Perilaku dia sangat baik. Dia juga siap memberikan segalanya bagi klub. Kami punya kesempatan untuk memainkan dia," kata Lampard. 

Laga melawan Liverpool menjadi ujian berat Lampard. Mampukah Chelsea menaklukkan salah satu dari tim big six? Sebelumnya di laga perdana liga, Chelsea dihajar Man United 0-4 di Old Trafford. 

Kini mereka menghadapi Liverpool yang selalu meraih kemenangan di lima pertandingan liga. Sukses itu menjadikan The Reds bertengger di puncak klasemen. Liverpool juga menjadi satu-satunya tim yang meraih poin sempurna di liga. []

Berita terkait
Jadwal Liga Inggris Pekan Ini, Ada Chelsea vs Liverpool
Liga Inggris pekan keenam mulai bergulir akhir pekan ini, paling tidak tujuh klub Liga Inggris yang bertarung di kompetisi Eropa tengah pekan ini
Kalahkan Newcastle, Liverpool Mantap di Puncak
Liverpool menaklukkan Newcastle United 3-1 yang mengukuhkan posisi di puncak klasemen Liga Premier Inggris di Anfield, Sabtu 14 September 2019.
Trigol Abraham Menangkan Chelsea
Chelsea menang 5-2 atas Wolverhampton Wanderers dan Tammy Abraham mencetak hattrick di laga Liga Premier Inggris, Sabtu 14 September 2019.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.