UNTUK INDONESIA
Chelsea Vs Liverpool, Sulit Menang Lawan Big Six
Liverpool sulit menang setiap kali tandang melawan anggota big six. Namun Liverpool optimistis meraih sukses saat dijamu Chelsea, Minggu besok.
Liverpool optimistis saat dijamu Chelsea di Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu 22 September 2019 malam WIB. Pemain depan Liverpool Mohamed Salah (kanan) berebut bola dengan pemain Chelsea Christian Pulisic di UEFA Super Cup. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Liverpool memiliki rekor tak bagus setiap kali bertemu tim big six di laga tandang. Mereka sulit menang bertemu tim-tim yang biasa menghuni papan atas. Catatan ini agak mencemaskan manajer Liverpool Juergen Klopp menjelang laga melawan Chelsea, salah satu anggota big six, di Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu 22 September 2019. 

Liverpool boleh saja hanya sekali kalah selama 44 laga terakhir. Mereka mampu meraih 115 poin dari peluang 132 poin. Namun The Reds kerap kesulitan meraih poin di setiap big match

Dari 12 laga tandang di musim lalu, melawan anggota big six, yaitu Chelsea, Manchester United dan Manchester City, Tottenham Hotspur dan Arsenal, mereka hanya meraih tiga poin. Pencapaian itu lebih buruk dibandingkan musim 2016-17. Saat itu, Liverpool bisa menang dua kali dan tiga kali bermain imbang selama menghadapi tim-tim penghuni big six

Tentu ada banyak cara berbeda untuk memenangkan pertandingan tandang. Tetapi kami harus mendapatkan satu saja cara agar bisa menang. Bila dari statistik, ini memang bukan kabar bagus

Sebuah catatan yang membuat Klopp waswas. Bagaimana tidak, Jordan Henderson dkk bertemu tim yang berambisi meraih kemenangan di kandang sendiri. Chelsea tengah berupaya kembali ke trek setelah menelan kekalahan di Liga Champions.

Namun di kompetisi domestik, The Blues sukses menghajar tuan rumah Wolverhampton Wanderers 5-2. Tren positif itu yang ingin dipertahankan manajer Chelsea Frank Lampard. 

"Tentu ada banyak cara berbeda untuk memenangkan pertandingan tandang. Tetapi kami harus mendapatkan satu saja cara agar bisa menang. Bila dari statistik, ini memang bukan kabar bagus," kata Klopp. 

"Pada musim 2016, kami meraih banyak poin dari antara anggota big six. Lalu kami menghadapi problem lain. Tetapi itulah kehidupan. Meski demikian, ini akan berubah. Kami akan ke sana (tandang ke Chelsea) dan meraih hasil bagus," ujarnya. 

Tak Mudah Mengalahkan Chelsea

Hanya, Klopp mengakui tak mudah mengalahkan Chelsea. Menurutnya tak ada jaminan memenangkan laga di kandang klub London barat itu. 

"Kami tidak bisa pergi menghadapi Chelsea dan mendapat jaminan bakal menang. Mereka tim yang kuat," kata Klopp lagi. 

"Kami mempersiapkan diri menghadapi laga ini tanpa memperhatikan statistik. Semua itu tergantung kualitas penampilan. Yang jelas tidak pernah tertulis di bintang-bintang kalau kami tak bisa menang di Chelsea. Hanya ini memang sulit," ujar pria asal Jerman ini. 

Liverpool berambisi memperpanjang rekor kemenangan saat menghadapi Chelsea. Tambahan tiga poin setidaknya menjadikan Liverpool kian nyaman di puncak klasemen. 

Musim ini, Liverpool dan Chelsea sudah bertemu di UEFA Super Cup. Saat itu, Liverpool menang adu penalti 5-4 setelah kedua tim bermain imbang 2-2. []

Berita terkait
Jadwal Liga Inggris Pekan Ini, Ada Chelsea vs Liverpool
Liga Inggris pekan keenam mulai bergulir akhir pekan ini, paling tidak tujuh klub Liga Inggris yang bertarung di kompetisi Eropa tengah pekan ini
Jelang Laga Besar, Klopp Puji Pemain Muda Chelsea
Manajer Liverpool Juergen Klopp memuji pemain muda Chelsea yang menjadi andalan saat kedua tim berduel di Liga Premier, Minggu 22 September 2019.
Kalahkan Newcastle, Liverpool Mantap di Puncak
Liverpool menaklukkan Newcastle United 3-1 yang mengukuhkan posisi di puncak klasemen Liga Premier Inggris di Anfield, Sabtu 14 September 2019.
0
Pengamat Kecewa Pidato Jokowi Tidak Bahas Korupsi
Peneliti politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyayangkan Jokowi) tidak menyinggung persoalan korupsi dalam pelantikannya.