UNTUK INDONESIA
Che Cupumanik dan Robi Navicula Rilis Lagu Jiwa Yang Berani
Duo vokalis grup band grunge asal Indonesia, Che Cupumanik dan Robi Navicula, resmi merilis lagu bertajuk Jiwa Yang Berani.
Duo vokalis grup band grunge asal Indonesia, Che Cupumanik dan Robi Navicula. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Duo vokalis grup band grunge asal Indonesia, Che Cupumanik dan Robi Navicula, resmi merilis lagu bertajuk Jiwa Yang Berani, pada Selasa, 20 Oktober 2020. Tembang tersebut diluncurkan memperingati 5 tahun kelahiran buku Rock Memberontak yang ditulis jurnalis senior, Eko Wustuk pada 2015 silam.

Buku Rock Memberontak sendiri mengangkat proses kreatif dalam penulisan lagu-lagu Grunge oleh Che dan Robi lewat bandnya Cupumanik dan Navicula. Buku tersebut merupakan karya Eko Wustuk penulis kitab Saya Ada di Sana: Catatan Pinggir Grunge Lokal, dan Dua Pohon Senja Tua.

Jelang proses perilisan buku Rock Memberontak sekira 2015 silam, Che mengusulkan ide kepada Eko Wustuk untuk membuatkan lagu khusus sebagai soundtrack karyanya tersebut. Usul itu kemudian disambut antusias oleh Robi, Eko dan penerbit.

Kala itu, Che langsung bergerak membuat sketsa komposisi musik menggunakan gitar serta mengirimkan videonya melalui aplikasi chat ke Robi Navicula yang tinggal di Bali. Keduanya kemudian melakukan proses workshop lagu secara daring.

Robi lalu mengirimkan video balasan dengan masukan ide aransemen. Setelah aransemen semakin terang bentuknya, Che bersama tim videografer buku Rock Memberontak bernama Topang, pergi menuju Bali pada 22 November 2015.

Che dan Robi kemudian melakukan proses workshop dan perekaman lagu di studio Jos Music Lab. Wayan Jos, vokalis Zat Kimia dan Kaimsasikun sekaligus pemilik studio, lalu didaulat untuk menjadi music director/producer dari proyek kolaborasi ini.

Rock MemberontakCover buku Rock Memberontak. (Foto: dok. Eko Wustuk)

Sepanjang proses rekaman yang berlangsung dari 23-24 November 2015, Che dan Robi yang sama sekali belum menyiapkan lirik saling bertukar ide dan mengungkapkan pandangan mengenai pesan yang ingin mereka sampaikan lewat lagu tersebut.

Hasilnya, tercetus pesan yang disepakati bahwa lagu yang diberi tajuk Jiwa Yang Berani tersebut adalah tentang keberanian melawan rasa minder dan kemalasan untuk tetap berkarya.

Dalam proses perekaman lagu, sejumlah rekan musisi diminta ikut berpartisipasi. Che dan Robi meminta bantuan Wayan Jos untuk mengisi departemen gitar, Noriz Kiki mengisi drum, dan Edy Pande mengisi departemen bass.

Seusai sesi perekaman selesai, proses mixing dan mastering dieksekusi oleh Deny Surya, drummer dari band Dialog Dini Hari.

Tepat pada 20 Oktober 2020 atau lima tahun setelah perilisan buku Rock Memberontak, tembang Jiwa Yang Berani dirilis melalui video lirik yang diunggah di saluran YouTube Che Cupumanik.

Sementara versi audio lagu Jiwa Yang Berani dari Che Cupumanik dan Robi Navicula, bakal diluncurkan melalui layanan streaming musik digital dalam waktu dekat. []

Berita terkait
Berkarier Solo, Che Cupumanik Rilis Lagu Dunia Orang Dewasa
Che Cupumanik mantap menjajaki karier baru sebagai solois dengan merilis lagu solo perdananya yang berjudul Dunia Orang Dewasa.
Kritik Kerja Buruk Polisi, Tashoora Rilis Lagu Aparat
Grup band Tashoora kembali merilis single berjudul Aparat yang menyuarakan kritik keras terhadap kinerja buruk polisi di Indonesia.
Rilis Lagu Perdana, Vox Mortis Angkat Isu Perlindungan Hewan
Grup band death metal Vox Mortis mantap merilis dua buah lagu perdana berjudul Primata Durjana dan Forever No To Dog Meat.
0
Sultan HB X Minta Warga Waspada Angin Berputar di Yogyakarta
Sri Sultan HB X meminta warga waspada angin berputar. Sultan mencontohkan tebu di Madukismo jika tersapu angin jatuhnya tidak akan satu arah.