UNTUK INDONESIA
Cerita Kirk Hammett Diajak Bergabung dengan Metallica
Kirk Hammett membagikan cerita lucu mengenai saat ia mendapat telepon dan diajak bergabung dengan grup band Metallica.
Gitaris Metallica, Kirk Hammett. (Foto: Instagram/kirkhammett)

Jakarta - Grup musik Metallica harus kehilangan gitaris Dave Mustaine, setelah terjadi peseteruan hebat beberapa waktu menjelang tur pendek pada tahun 1983. Alhasil, seorang pemain gitar baru harus direkrut dan James Hetfield serta Lars Ulrich selaku penggawa band, memutuskan menggaet nama Kirk Hammett.

Namun, ada kisah menarik mengenai proses perekrutan Kirk Hammett untuk ikut serta dalam grup band Metallica. Sang gitaris menyampaikan langsung dalam sebuah wawancara dengan media musik cadas Metal Hammer pada 2014 silam, dan belum pernah di-publish hingga saat ini.

Dalam kisah yang pernah terpublikasi, Kirk mengaku mendapat sambungan telepon dari perwakilan Metallica pada tanggal 1 April, bertepatan dengan perayaan April Mop di mana semua orang bermain lelucon dengan berbagai macam kejahilan sepanjang hari.

Namun yang tidak banyak orang tahu, Kirk menerima sambungan telepeon untuk bermain bersama band metal terbesar di dunia itu, saat ia tengah duduk di toilet.

"Saat itu adalah 1 April, Hari April Mop, dan saya sedang duduk di toilet," kata Hammett dalam wawancara tersebut, dikutip Tagar pada Minggu, 12 Juli 2020.

"Saya mendapat telepon dari Mark Whittaker (penata suara Metallica), dan setelah saya menutup telepon, saya berkata, 'Saya tidak percaya saya baru saja menerima telepon itu. Apakah itu hanya lelucon April Mop?'," ujar Kirk setengah mengenang saat-saat yang kelak memberikan perubahan besar dalam hidupnya itu.

MetallicaGrup musik heavy metal, Metallica. (Foto: Istimewa)

Belakangan diketahui jika sambungan telepon tersebut memang benar-benar nyata dan bukan lelucon. Beberapa waktu kemudian, Kirk mendapatkan contoh rekaman berisi lagu-lagu Metallica untuk dipelajari.

Bukan hal sulit bagi Hammett melakukan itu, lantaran ia sendiri juga telah memiliki salinan rekaman tersebut dan pernah mendengar beberapa tembang dalam rekaman tersebut.

"Beberapa hari kemudian saya mendapat rekaman ini dari mereka, tetapi saya sudah memiliki demo rekaman itu dan saya sudah tahu dua pertiga dari lagu-lagu di situ," kata dia.

Sebelum bergabung dengan Metallica, Kirk Hammett merupakan gitaris dari grup band Exodus. Ia dikenal piawai lantaran telah mempelajari gitar sejak usia 15 tahun, dan sempat berguru kepada maestro enam senar, Joe Satriani.

Di tahun yang sama saat Kirk bergabung, Metallica kemudian merilis album bertajuk Kill 'Em All dan melesat ke kancah musik keras di Amerika Serikat. Lalu pada 1984, mereka menelurkan album terbaru berjudul Ride the Lightning dan membuat band yang saat itu beranggotakan James Hetfield, Lars Ulrich, Cliff Burton dan Kirk Hammett itu kian bersinar.

Kini Kirk Hammett telah lebih dari 37 tahun bergabung dengan Metallica dan telah ikut serta dalam produksi 10 album studio, 9 album Live, dan sejumlah album lain. []

Berita terkait
Elton John Mengaku Bertemu Tuhan Saat Isap Ganja
Elton John menceritakan pengalamannya menggunakan narkotika. Ia pernah merasa berada di "tempat tertinggi" dan bertemu Tuhan saat menghisap ganja.
Katy Perry Siap Rilis Album Baru Bertajuk Smile
Penyanyi Katy Perry mengaku siap merilis album terbaru bertajuk Smile pada 14 Agustus 2020 mendatang.
Eval LR, Dewa Gitar Indonesia Siap Rilis Single Kedua
Salah satu dewa gitar Indonesia, Eval LR, siap merilis single kedua berjudul Buku Suci di berbagai platform pemutar musik digital.
0
Keluhan Terdakwa Korupsi Dana Bos Bulukumba
Terdakwa korupsi dana BOS di Kabupaten Bulukumba merasa keberatan terkait keputusan PN Tipikor Makassar. Ini alasannya.