Cek Tips Memulai Bisnis UMKM untuk Pemula

Agar bisnis pemula sukses membangun usaha selanjutnya yaitu dengan menentukan lokasi tempat usaha yang strategis, misalnya di pinggir jalan.
Ilustrasi UMKM Indonesia (Foto: Tagar/Seoanaksholeh.com)

Jakarta - Siapa yang tidak ingin menjadi pebisnis sukses? Pasti semua orang menginginkannya, namun tentu saja hal tersebut tidak didapatkan dengan mudah, apalagi jika Anda baru bisnis pemula.

Umumnya setiap orang yang membangun bisnis usaha mikro kecil menengah atau UMKM memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin mendapatkan keuntungan dan kehidupan yang lebih baik.

Bisnis UMKM bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan membentuk perekonomian negara serta mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Mengembangkan UMKM membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat. Karena banyak UMKM yang berdiri namun usahanya tidak berkembang, mengalami kerugian, dan bahkan berakhir dengan ditutupnya usaha tersebut.

Berikut adalah tipsnya.


1. Survey dan Observasi Tempat yang Berpotensi

Salah satu cara untuk mengembangkan usaha anda adalah dengan membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berpotensi terjadi penjualan yang tinggi. Hal itu dimulai dengan meneliti berbagai tempat yang memiliki target pasar.


2. Siapkan Mental

Tips memulai usaha selanjutnya, Anda harus menyiapkan mental dengan baik, karena ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Jika Anda lemah, maka usaha tidak bisa berjalan maksimal. Maka tak heran jika pengusaha bisnis UMKM sukses pasti memiliki keberanian, kuat dan tahan banting, serta tidak mundur jika menghadapi masalah.


3. Membangun Relasi antar Sesama Pengusaha

Menjalankan usaha bukan cuma sekadar berdagang sendirian, tetapi juga menambah relasi yang lebih banyak. Semakin banyak relasi, semakin mudah mencari vendor-vendor yang terpercaya. Selain itu juga dengan semakin banyaknya relasi yang anda miliki akan membuka peluang untuk memperluas wilayah bisnis anda.


4. Siapkan Modal

Modal menjadi hal penting dan utama yang harus disiapkan untuk memulai bisnis umkm. Banyak orang yang salah kaprah dengan hal ini, mereka berpikir bahwa menjadi pebisnis harus memiliki modal yang besar, tentu saja hal tersebut kurang tepat, karena seberapapun modal yang Anda miliki, Anda tetap bisa menjadi pebisnis sukses. Yang terpenting, Anda harus pintar menghitung dan mengelola modal dan keuangan, agar bisnis berjalan maksimal.


5. Tentukan Lokasi Tempat Usaha yang Strategis

Agar bisnis pemula sukses membangun usaha selanjutnya yaitu dengan menentukan lokasi tempat usaha yang strategis, misalnya di pinggir jalan atau tempat yang sering dilalui banyak orang. Semakin banyak orang yang mengenal produk bisnis Anda, semakin banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk Anda. Apalagi saat ini banyak platform penjualan yang memudahkan pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan usahanya, seperti Ladara.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Simak! 5 Strategi Menjaga Bisnis Online Eksis Saat Pandemi
Sesuai dengan anjuran pemerintah, masyarakat melakukan social distancing di mana masyarakat dihimbau untuk tidak pergi ke tempat yang ramai.
Dear Konten Kreator, Ini Tips Kelola Instagram untuk Bisnis
Demografis Instagram bisa dibilang sangat luas, sehingga pastikan Anda tahu audience seperti apa yang ingin Anda targetkan.
Cara Menghitung Pendapatan Bersih untuk Bisnis Anda Sendiri
Anda dapat memperkirakan pendapatan tahun pertama Anda untuk memberikan gambaran kasar tentang berapa banyak uang yang berpotensi dihasilkan.
0
Cek Tips Memulai Bisnis UMKM untuk Pemula
Agar bisnis pemula sukses membangun usaha selanjutnya yaitu dengan menentukan lokasi tempat usaha yang strategis, misalnya di pinggir jalan.