UNTUK INDONESIA

Cek Fakta: Benarkah Akun Facebook Moeldoko Komentari Rizieq

Benarkah Moeldoko yang memiliki akun Facebook dan menulis komentar terkait revolusi akhlak Rizieq Shihab? Mari cek faktanya!
Akun Palsu Mengatasnamakan Moeldoko. (Foto: Tagar/Kantor Staf Kepresidenan)

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dikabarkan memberi tanggapan terkait wacana revolusi akhlak yang didengungkan Pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab. 

Dalam informasi yang tersebar melalui akun Facebook yang mengatasnamakan Moeldoko tersebut, ia diberitakan menyinggung ceramah Rizieq yang dinilai tidak berakhlak.

Lantas benarkah Moeldoko yang memiliki akun Facebook dan menulis komentar tersebut? Mari cek faktanya!

Upaya mengatasnamakan Kepala Staf Kepresidenan dengan akun palsu ini sangat merugikan kami. Sebab ini bagian dari fitnah.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyatakan sebuah akun di media sosial bukan miliknya. Pernyataan Moeldoko ini menanggapi beredarnya tangkapan layar (Screenshoot) dari akun Facebook dengan nama Moeldoko.

Dalam tangkapan layar itu, akun yang mengatasnamakan Moeldoko tersebut menyinggung soal revolusi akhlak. Untuk itu, dengan jelas Moeldoko menegaskan bahwa akun bukan milik dirinya.

"Akun media sosial itu bukan milik saya. Itu bagian dari penyebaran berita bohong," kata Moeldoko di Jakarta, Jumat, 20 November 2020.

Baca juga: Cek Fakta: Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Papua itu Hoax

Moeldoko juga memastikan bahwa akun yang dimaksud adalah hoaks yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Moeldoko menjelaskan, Kantor Staf Presiden (KSP) dan dirinya punya akun resmi tersendiri.

Moeldoko menjelaskan beberapa akun resmi dirinya bernama Dr.Moeldoko dan sudah terverifikasi alias centang biru. Tautan akun resmi Kepala Staf Kepresidenan RI ialah https://www.facebook.com/DrMoeldoko. Akun resmi ini diikuti oleh lebih dari 162 ribu pengguna facebook.

Selain akun resmi di Facebook, Dr. Moeldoko juga memiliki akun resmi di sejumlah media sosial seperti Instagram di tautan: https://www.instagram.com/dr_moeldoko/. Akun resmi di Instagram diikuti oleh lebih dari 121 ribu followers.

Sedangkan untuk akun twitter, Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko menggunakan akun resmi di tautan https://twitter.com/Dr_Moeldoko. Pernyataan Kepala Staf melalui melalui media sosial juga bisa dilihat melalui unggahan laman resmi KSP di https://www.ksp.go.id/.

Baca juga: Cek Fakta: Jungkook BTS Pacaran dengan Lisa Blackpink

Atas kejadian itu, Deputi IV KSP Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro mengatakan, pihaknya akan melaporkan akun palsu Kepala Staf Kepresidenan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dan perwakilan resmi Facebook di Indonesia.

“Upaya mengatasnamakan Kepala Staf Kepresidenan dengan akun palsu ini sangat merugikan kami. Sebab ini bagian dari fitnah,” kata Juri. 

Dengan demikian, kabar Moeldoko mengomentari Habib Rizieq tersebut adalah Hoaks. []

Berita terkait
Cek Fakta: Kecelakaan Maut di Sleman Lebih 4 Korban Tewas
Seorang saksi di lokasi kejadian saat kecelakaan maut di Sleman ada korban tewas selain empat penumpang Mobilio.
Cek Fakta, Benarkah Web Ini Bisa Kasih Bansos Kartu Prakerja
Baru-baru ini beredar di dunia maya, ada penawaran bantuan sosial (bansos) program Kartu Prakerja, berupa prakerja.vip yang merupakan situs palsu.
Cek Fakta: Narasi Rizieq Shihab Kudeta Presiden Jokowi
Cek Fakta: Beredar dua meme di media sosial Instagram yang menerangkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq mengkudeta Presiden Jokowi
0
4 Larangan Usai Berhubungan Seks, Demi Sehat Jangan Dilanggar
Setelah bercinta ada larangan yang sebaiknya tidak dilakukan pasangan agar kesehatan tetap terjaga.