UNTUK INDONESIA

Cegah Klaster Perkantoran, Mendagri Serahkan Mobile Lab PCR

Mendagri Tito Karnavian menyerahkan Mobile Lab PCR, mobil ambulans, serta paket sembako secara simbolis.
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyerahkan Mobile Lab PCR, mobil ambulans, serta paket sembako secara simbolis di Halaman Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan Mobile Lab Polymerase Chain Reaction (PCR), mobil ambulans, serta paket sembako secara simbolis di Halaman Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat pada hari Jumat, 8 Januari 2021.

Bantuan yang diserahkan adalah 1 unit mobil ambulans untuk DKPP diserahkan kepada Ketua DKPP Muhammad,  2 unit mobile lab PCR dan 2  unit ambulans untuk Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kemendagri yang diberikan kepada Muhammad Hudori, serta 1 unit ambulans untuk Ditjen Bina Pembangunan Daerah diserahkan kepada Hari Nur Cahya Murni. 

Testing harus dilakukan secara reguler untuk mendeteksi siapa yang positif dan negatif.

Sedangkan sembako yang diserahkan sebanyak 1.400 paket sembako, yang diberikan secara simbolis kepada 6 orang pegawai di lingkungan Kemendagri.

"Saya kira, ini adalah kegiatan yang sangat penting, karena kita tahu pandemi masih berlangsung, pandemi global, dan sudah sering saya sampaikan ini adalah pandemi terluas dalam sejarah umat manusia," ucap Tito.

Mendagri menjelaskan, upaya untuk membendung penularan dan penyebaran Covid-19 diperlukan melalui 3M dan menjauhi kerumunan, serta upaya 3T yang masif dilakukan.

"Di samping 3M dan menjauhi kerumunan, ada upaya testing yang agresif, dilakukan secara reguler, jangan sampai batuk, panas, demam baru periksa, setelah itu treatment, bahaya," jelas Mendagri.

"Testing harus dilakukan secara reguler untuk mendeteksi siapa yang positif dan negatif, segera bendung klasternya, di-trace, kemudian segera tentukan langkah apa isolasi mandiri, rumah, atau rumah sakit," tambahnya.

Mendagri Tito Karnavian juga menegaskan, testing dilakukan untuk meminimalisasi penularan dan kluster yang terjadi, terutama di perkantoran.

"Nah untuk itu perlu ada regular testing, testing secara reguler, apalagi untuk klaster kita, perkantoran," ucapnya.

Dengan adanya Mobile Lab PCR yang memenuhi standar, diharapkan mampu mendukung regular testing yang dilakukan di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik internal maupun eksternal yang telah mengeksekusi Mobile Lab PCR, mudah-mudahan akan bermanfaat untuk menjaga agar personil jajaran Kemendagri, DKPP, dan BNPP dapat terlindungi dari penyebaran Covid-19, di samping proteksi perorangan tentunya," ungkap Mendagri. 

"Kemudian ada mobil ambulans, ini juga penting. Terakhir, saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Tahir Foundation, Mayapada yang telah menyumbangkan 1.000 paket, ini kita serahkan kepada anggota personil jajaran Kemendagri, BNPP, dan DKPP, terutama bagi yang berhak mendapatkannya," tambahnya. []

Berita terkait
Mendagri Minta Daerah Lakukan Testing Covid secara Agresif
Mendagri Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah melakukan testing secara agresif dalam penanganan Covid-19.
Pembatasan Kegiatan Jawa-Bali, Mendagri Minta Pemda Serius
Mendagri Tito Karnavian meminta dukungan Pemda, khususnya keseriusan menjalankan pembatasan kegiatan di Jawa dan Bali.
Kemendagri Dorong Peningkatan Kinerja Tahun 2021
Kemendagri dalam rapat koordinasi menyatakan, mendorong peningkatan kinerja perencanaan, pengendalian dan evaluasi kinerjanya di tahun 2021.
0
Cegah Klaster Perkantoran, Mendagri Serahkan Mobile Lab PCR
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan Mobile Lab PCR, mobil ambulans, serta paket sembako secara simbolis.