UNTUK INDONESIA
Cawagub DKI Nurmansjah Lubis Cemas Dijegal Partai
Meski yakin mayoritas anggota fraksi di DPRD DKI mendukungnya, Cawagub Nurmansjah Lubis cemas dengan sokongan partai.
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nurmansjah Lubis. (Foto: Tagar/Edy)

Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nurmansjah Lubis yakin mayoritas anggota fraksi di DPRD DKI mendukungnya duduk mendampingi Anies Baswedan di Balai Kota. Namun, dia khawatir dewan pimpinan pusat (DPP) setiap partai menyumbat aliran dukungan itu.

"Secara personal mereka dukung. Tapi kalau kebijakan partai kan itu di DPP ya," kata Nurmansjah di Jakarta, Minggu, 23 Februari 2020.

Cawagub yang diusung PKS ini mengaku mayoritas anggota Dewan periode 2019-2024 adalah teman-temannya. Hal ini karena Nurmansjah pernah duduk di DPRD DKI selama sepuluh tahun atau dua periode.

"Ya karena emang temen-temen lama semua. Ya kita ngopilah. Namanya ngopi politik ye kan," ujar pria yang akrab disapa Bang Ancah ini.

Tapi mudah-mudahan liat sosok Nurmansjah, bisa ngerangkul semua agama, suku, lapisan ya.

Meski demikian, Nurmansjah masih berharap para ketua umum partai melihat rekam jejaknya. Salah satunya sebagai legislator Kebon Sirih sepuluh tahun. "Tapi mudah-mudahan liat sosok Nurmansjah, bisa ngerangkul semua agama, suku, lapisan ya. Jadi mudah-mudahan salah satu faktor ya," ujarnya.

Dia tak ambil pusing perubahan peta politik nasional usai merapatnya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ke Istana. PKS, menurut dia, tetap ingin merangkul semua fraksi meski ditinggalkan Gerindra dalam peta politik nasional. "Mudah-mudahan kagak lah ya. Insya Allah enggak," katanya

Di DPRD, proses pemilihan sedang dikebut. Sehari setelah rapat gabungan pimpinan (rapimgab), Dewan menggelar sidang paripurna pengesahan tata tertib DPRD yang didalamnya mengatur pemilihan wagub.

"Alhamdulillah peraturan DPRD mengenai tatib sudah selesai," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Baswedan usai menghadiri paripurna di DPRD, Jakarta, 20 Februari 2020.

Khusus pasal pemilihan wagub, Anies berharap pada panitia untuk segera mengambil langkah cepat. Hasil dari kerja panitia pemilihan diharapkan dapat menghasilkan wakil gubernur terpilih.

"Kita berharap panitia khusus yang (menindaklanjuti) dalam salah satu pasal di tatib ini bisa segera bekerja dan bisa menuntaskan kita tunggu hasilnya," ujarnya.

Anggota DPRD DKI pada periode kali ini beranggotakan 106 yang terdiri 10 fraksi. Nurmansjah optimis meraup dukungan minimal setengah anggota Dewan. "Insya Allah minimal walau gak semua, setengah (fraksi) dukung kita lah ya," tutur dia. []


Berita terkait
Nurmansjah Lubis, 2,5 Tahun Jualan Kopi di CFD
Cawagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis lebih dari 2,5 tahun berjualan kopi saat car free day (CFD) Jakarta.
Nurmansjah Lubis, Cawagub DKI dari PKS Pecinta Kopi
Calon Wagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis memiliki hobi menyeruput kopi Nusantara hingga kopi kekinian.
Cawagub DKI PKS Pendamping Anies: Nurmansjah Lubis
Setelah banyaknya nama, PKS mengekerucutkan kandidat dengan melempar Nurmansjah Lubis sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub).
0
Penerapan Jaga Jarak Pedagang Pasar Bandung Tegal
Pedagang Pasar Bandung Tegal mendukung penerapan Physical Distancing yang dilakukan oleh Pemkab Tegal.