Catat, Ini Kebiasaan yang Memicu Kerusakan Ginjal

Untuk Anda yang aktivitasnya dominan dilakukan dengan duduk, sebaiknya hindari duduk berjam-jam sambil menatap layar komputer.
Kebiasaan buruk merusak ginjal (Foto: Tagar/Freepik/Jcomp)

Jakarta – Meski berukuran kecil 4 atau 5 inchi berada dibawah tulang rusuk sangat berperan besar bagi tubuh. Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas menyaring darah, membuang limbah dalam bentuk urin, mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, dan menjaga kadar elektrolit yang tepat. Meski berukuran kecil 4 atau 5 inchi berada dibawah tulang rusuk sangat berperan besar bagi tubuh.

Gaya hidup yang buruk dapat mempengaruhi kinerja organ dalam tubuh, salah satunya ginjal. Kerusakan pada ginjal memang tidak langsung terjadi, namun berlangsung secara bertahap. Kerusakan ginjal baru terdeteksi setelah kondisi tubuh memburuk.

Sudah seharusnya kita menjaga fungsi ginjal agar tidak mengalami kerusakan. Namun kebiasaan yang biasa dilakukan tanpa disadari ternyata memicu kerusakan pada ginjal. Untuk mengetahui hal itu, inilah kebiasaan buruk yang memicu kerusakan ginjal.


Duduk terlalu lama

Tingkat risiko penyakit pada ginjal disebabkan karena kurangnya pergerakan akibat terlalu lama duduk. Untuk Anda yang aktivitasnya dominan dilakukan dengan duduk, sebaiknya hindari duduk berjam-jam sambil menatap layar komputer. 

Sebaiknya lakukan berjalan setiap 30 menit agar tubuh tetap aktif. Selain itu jangan lupa olahraga secara rutin 2-3 kali dalam seminggu serta menjaga pola makan untuk menghindari produksi lemak berlebih.


Sering menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan kencing ini sarang sering terjadi baik pekerja kantor atau pekerjaan lainnya, terutama bagi yang sedang sibuk menyelesaikan sesuatu. Penting diketahui, kebiasaan menahan buang air kecil jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan perkembangbiakan bakteri di dalam kantung kemih. Kondisi ini menyebabkan ginjal mudah terkena infeksi atau terjadinya inkontinensia urin.


Jarang minum

Pastikan tubuh Anda mendapat asupan cairan yang cukup dalam satu hari yakni 1,5 hingga 2 liter. Hindari minum minuman yang mengandung banyak pemanis dan pewarna juga minuman beralkohol. Ginjal membersihkan zat beracun dengan air putih, sehingga racun tersebut dapat terbuang melalui urin.


Sering begadang

Seperti dalam lirik lagu, begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang mengacaukan siklus tidur seseorang. Siklus tidur yang kurang teratur dapat menyebabkan terjadinya insomnia. 

Seiring berjalannya waktu, fungsi ginjal akan terganggu, selain itu begadang juga meningkatkan risiko pengerasan atau penyumbatan arteri. Supaya terhindar dari kerusakan ginjal, Anda sebaiknya tidur 7-8 jam per hari.


Sering konsumsi obat pereda nyeri

Setelah melakukan aktivitas yang berat memang menimbulkan rasa nyeri di tubuh. Namun Anda tidak dianjurkan mengonsumsi obat pereda nyeri. Konsumsi yang berlebihan menimbulkan efek fatal bagi kesehatan ginjal Anda. Kerusakannya tidak terjadi sekarang, tapi di kemudian hari saat Anda sudah ketergantungan pada obat-obatan.


Makanan asin

Memang makanan asin rasanya sangat nikmat, namun dibalik kenikmatannya memiliki dampak buruk untuk ginjal. Makanan asin diperbolehkan saja asal dalam porsi yang normal, jika berlebihan akan menyebabkan risiko penyakit darah tinggi dan juga ginjal. 

Zat yang terkandung dalam garam berguna menjaga keseimbangan kadar cairan tubuh. Caranya dengan memberi isyarat kepada ginjal tentang kapan harus menahan maupun buang air. Jika konsumsi berlebihan, maka fungsi ini dapat menjadi terganggu.


Konsumsi gula berlebih

Selain terlalu sering makanan asin, sering konsumsi makanan mengandung gula juga memiliki dampak buruk. Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan tekanan darah yang berisiko terkena diabetes. 

Selain terkena diabetes, Anda juga berisiko terkena penyakit ginjal. Kurangi konsumsi gula pada makanan Anda, apalagi makanan kekinian banyak yang menambahkan gula dalam jumlah besar. Takaran gula yang baik untuk tubuh sekitar 25-38 gram atau 6-9 sendok teh per harinya.

Menjaga fungsi semua organ tubuh memang wajib dilakukan, namun sayangnya banyak yang tidak menganggap menjaga kesehatan itu penting. Jika Anda merasa banyak melakukan kebiasaan seperti diatas, sebaiknya kurangi atau hentikan agar fungsi ginjal Anda tetap sehat.[]


(Egy Seyta Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Trading Forex
Anda harus menjaga pola pikir yang baik dan menyempurnakan psikologi trading Anda.
Disukai Banyak Orang, Begini Khasiat Madu Bagi Kesehatan
Tak heran jika madu telah dikenal sejak lama salah satu obat tradisional. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, berikut 5 khasiatnya.
Menteri Kesehatan Negara G7 Gelar Pertemuan Darurat
Pertemuan mendadak pemimpin Negara G7 tentang Covid-19 varian Omicron digelar pada Senin, 29 November 2021, atas undangan Inggris
0
Catat, Ini Kebiasaan yang Memicu Kerusakan Ginjal
Untuk Anda yang aktivitasnya dominan dilakukan dengan duduk, sebaiknya hindari duduk berjam-jam sambil menatap layar komputer.