UNTUK INDONESIA
Catat, 26 Desember Indonesia Gerhana Matahari Cincin
Sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019. Tiga kota di Indonesia bisa mengamati hingga 90%.
Pada 26 Desember 2019 sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin. (Foto: universtoday.com/Tagar/Ridwan Anshori)

Yogyakarta - Wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC) pada 26 Desember 2019. Sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami peristiwa langit tersebut meski tidak 100 persen.

Ada tiga kota yang bisa mengamati 90 persen yakni Medan, Palangkaraya dan Pontianak. Daerah lain juga mengalaminya namun dengan presentase yang lebih kecil. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga turut mengalami GMC yang terjadi sehari setelah Natal 2019 ini. Berikut penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Yogyakarta.

Kepala Seksi Observasi Stageof Yogya BMKG Yogyakarta Budiarta mengatakan GMC adalah peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan matahari oleh piringan bulan. Sehingga saat puncak gerhana, matahari yang terlihat dari bumi akan terlihat seperti cincin. Penyebab GMC karena tutupan bulan untuk menutupi matahari tidak secara penuh.

80-90Pada 26 Desember 2019 sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin 80-90 persen. (Foto: universtoday.com/Tagar/Ridwan Anshori)

Sehingga membentuk cincin, salah satu penyebabnya adalah jarak bumi dan bulan mencapai fase terjauh. "Posisi bumi, bulan dan matahari segaris," kata dia kepada Tagar, Sabtu, 7 Desember 2019.

Menurut Budi, waktu dan durasi gerhana bergantung pada lokasi pengamatan. Meskipun GMC di suatu lokasi dapat diprediksi, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu.

Posisi bumi, bulan dan matahari segaris.

Budi mengatakan, wilayah Indonesia pernah beberapa kali mengalami GMC. "GMC sebelumnya yang dapat diamati di Indonesia pada 22 Agustus 1998, jalur cincin melewati Sumatera bagian utara dan Kalimantan bagian utara. Sementara GMC pada 26 Januari 2009, jalur cincin melewati Sumatera bagian selatan dan Kalimantan," katanya.

Sementara itu, GMC pada 26 Desember 2019 yang diamati di Indonesia puncak gerhana paling awal di Sabang (Aceh) sekitar pukul 11:49 WIB dan waktu puncak paling akhir di Jayapura (Papua) sekitar pukul 15:51 WIT.

Sementara untuk waktu berakhirnya gerhana terawal terjadi di Sabang, sekitar pukul 13: 48 WIB dan selesai terakhir terjadi di Sorendiweri, Papua pukul 17:00 WIT. Untuk durasi GMC sekitar 3,5 menit.

60-70 persenPada 26 Desember 2019 sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin 60-70 persen. (Foto: universtoday.com/Tagar/Ridwan Anshori)

Sementara itu, daerah lain seperti Yogyakarta juga akan mengalami gerhana matahari cincin. "Yogyakarta sebanyak 65 persen. Mulai 10:56 WIB, puncaknya 12:47 dan berakhir 14:28 WIB," kata Budi.

Berdasarkan data yang diperoleh, GMC 26 Desember 2019 akan melintasi 25 pusat kota/kabupaten di tujuh provinsi, yaitu Provinsi Aceh berada di wilayah Sinabang dan Singkil. Provinsi Sumatera Utara dapat dilihat Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan.

Sementara Provinsi Riau meliputi Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang. Provinsi Kepulauan Riau berada di Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan. 

Provinsi Kalimantan Barat seperti Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengka-yang, Putussibau. Pun Provinsi Kalimantan Timur dapat terlihat di Tanjungredep. Provinsi Kalimantan Utara di Tanjungselor. []

Baca Juga:

Berita terkait
Gerhana Matahari di Aceh Jangan Dikaitkan Takhayul
Gerhana matahari cincin total akan melintasi Provinsi Aceh pada 26 Desember 2019 mendatang yakni Kabupaten Simeulue dan sebagian Aceh Singkil.
Gerhana Matahari Lintasi Aceh pada 15 Tahun Tsunami
Gerhana matahari cincin total akan melintasi Provinsi Aceh pada 26 Desember 2019 mendatang bertepatan pada peringatan 15 tahun tsunami.
Daftar Film Bertema Gerhana Matahari
Gerhana Matahari Total adalah fenomena langka dan menarik bagi warga bumi termasuk kalangan astronom.
0
6 Tahun Pacaran, Calvin Jeremy Segera Menikah
Aktor muda Calvin Jeremy memantapkan niat untuk menikah setelah sempat berpacaran dengan kekasihnya selama 6 tahun.