Cara Tangani Speaker iPhone yang Pecah dan Berdistorsi

Salah satu komponen terpenting dari sebuah iPhone adalah speaker yang digunakan untuk mendengar suara. Berikut cara tangani speaker iPhone.
Ilustrasi - Speaker iPhone. (Foto: Tagar/Pexels/Torsten Detlaff)

Jakarta - Salah satu komponen terpenting dari sebuah iPhone adalah speaker, bagaimana tidak? suara yang kita dengar saat menyaksikan live streaming video hingga memutar lagu, asalnya adalah melalui speaker.

Meskipun masih bisa menggunakan perangkat yang bisa langsung medistribusikan frekuensi suara ke telinga, namun speaker handphone yang jernih juga menjadi salah satu penunjang kepuasan kita dalam menggunakan iPhone, bukan?

Lalu tiba-tiba saja speaker iPhone kesayanganmu bermasalah. Saat sedang memutar video atau sebuah lagu dengan volume rendah hingga sedang, sebenarnya masih aman-aman saja. Tapi ketika kamu butuh mengatur volume hingga maksimal, rupanya speaker iPhone mu pecah dan menghasilkan distorsi. Kira-kira ada masalah apa ya?

Sebenarnya masalah yang terjadi pada speaker iPhone bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari speaker iPhone yang tak sengaja terkena air, jatuh dengan cukup keras, komponen speaker yang memang sudah mulai rusak, masuknya kotoran atau debu, hingga kapasitas battery health yang sudah turun jauh dari semestinya.

Nah, kalau sudah begini, apakah tandanya harus ganti perangkat baru? Tentu saja tidak. Jangan terburu-buru, ya. Kamu masih bisa memastikan terlebih dahulu penyebab pecahnya speaker iPhone mu. 

Jika sudah tau penyebabnya, tentu kamu bisa mememperbaikinya daripada harus mengganti dengan perangkat yang baru. Kecuali jika memang kamu sudah buru-buru mau ganti perangkat, silahkan saja.

Pertama-tama, coba ingat dalam kurun waktu beberapa hari belakangan, apakah iPhonemu sempat terjatuh dengan cukup keras atau tak sengaja terendam air. 

Jika iya, kemungkinan besar komponen-komponen kecil dalam speaker iPhone mu sudah ada yang rusak. Dalam kasus seperti ini, ada baiknya kamu langsung konsultasikan masalah ini ke service center.

Kabar baik untukmu jika iPhone milikmu memang tidak pernah jatuh atau terkena air. Karena bisa jadi lubang-lubang speakermu yang sangat kecil itu sebenarnya hanya kotor dan tertutup debu atau kotoran-kotoran kecil. 

Berikut cara yang amat sangat mudah untuk kamu praktikkan. Lalu setelah itu, speaker iPhonemu akan kembali jernih seperti sedia kala.

Pertama, siapkan sikat gigi yang halus, atau kamu juga bisa mengganti sikat gigi dengan kuas yang tak terlalu lembut namun tak terlalu keras pula. Siapkan juga selembar tissue dan sebatang dongkrak gigi.

Kedua, jika sudah pertama-tama kamu bisa meniup-niup bagian lubang speaker atas dan bawah. Lakukan dengan sedikit bertenaga, supaya kotoran dan debu yang mengendap di lubang speaker dapat terhempas.

Ketiga, pastikan ujung sikat gigi atau kuasmu telah bersih. Lalu kamu bisa menyikat bagian lubang speaker dengan sikat gigi atau kuas tersebut. Lakukan secara satu arah, misalnya dari kanan ke kiri saja atau dari kiri ke kanan saja dengan berulang. Usahakan agar tidak melakukan gerakan menyikat bolak-balik, agar debu atau kotoran tidak kembali masuk.

Keempat, setelah dirasa cukup, kamu bisa meletakkan tissue di atas bagian lubang speaker, lalu bersihkan menggunakan dongkrak gigi dengan gaya menyikat satu arah seperti langkah sebelumnya. 

Hindari membersihkan langsung dengan dongkrak gigi tanpa dilapisi tissue, karena bisa saja ujung dongkrak gigi tersebut justru merusak komponen speaker.

Terakhir, kamu bisa putar sebuah lagu atau streming video dengan volume maksimal, dan buktikan sendiri, speaker iPhone kesayanganmu sudah tak berdistorsi lagi.

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
Jangan Takut! Ini Cara Mengatasi HP yang Terendam Air
Kerusakan pada perangkat hp umumnya tidak hanya terjadi karena terjatuh atau terkena malware, namun juga terkena air. Berikut cara mengatasinya.
Ini Alasan Kenapa Banyak Orang Setia pada Merek HP Tertentu
Saat ini banyak orang yang setia dengan merk handphone tertentu dengan berbagai faktor. Ternyata ini alasan kenapa mereka setia pada satu merk hp.
Hp Gaming Terbaik dengan Spek Dewa Tahun Ini
Ponsel dengan spesifikasi gahar untuk gaming.
0
Cara Tangani Speaker iPhone yang Pecah dan Berdistorsi
Salah satu komponen terpenting dari sebuah iPhone adalah speaker yang digunakan untuk mendengar suara. Berikut cara tangani speaker iPhone.