Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi di Rumah

Ketika plak dibiarkan tidak dirawat dan tidak tersentuh, plak mulai menumpuk di gigi yang menyebabkan bakteri berbahaya menumpuk di gigi.
Ilustrasi gigi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Karang gigi ini adalah bentuk plak yang kaku dan lebih keras. Ketika plak dibiarkan tidak dirawat dan tidak tersentuh, plak mulai menumpuk di gigi yang menyebabkan bakteri berbahaya menumpuk di gigi. Puing-puing makanan juga terperangkap dalam penumpukan ini, dan akhirnya, campuran ini mengeras menjadi karang gigi.

Tidak ada yang menginginkan gigi coklat atau kuning, yang disebabkan oleh akumulasi karang gigi. Tapi bagaimana tepatnya Anda menghilangkan perubahan warna ini? Ada banyak metode yang dijual bebas untuk memutihkan gigi, tetapi banyak orang tidak suka menggunakan bahan kimia yang kuat dan berpotensi berbahaya untuk menghilangkan plak. Dilansir dari Bloor West Smiles, berikut adalah cara sederhana untuk menghilangkan karang gigi di rumah.


1. Baking soda

Jika ingin memutihkan gigi dan membersihkan karnag gigi, coba untuk menggunakan baking soda kue ke sikat gigi yang basah dan gosok gigi dan gusi secara menyeluruh. Biarkan baking soda berada di gigi selama 15 menit sebelum dibilas.

Meskipun tidak terlalu enak, soda kur dapat menetralkan asam berbahaya dari hal-hal seperti makanan sekaligus membunuuh bekteri dan memutihkan gigi secara alami.


2. Cuka

Menggunakan cuka adalah metode lain yang dapat menghilangkan karang gigi. Dengan mencampur cuka dalam segelas air hangat. Larutan ini kemudian dapat dikumur sekali sehari unutk membantu menghilangkan karnag gigi yang sudah terbentuk diantara gigi dan gusi.

Campuran ini harus dibuat dari dua sendok makan cuka ke dalam secangkir air hangat dengan garam yang sudah larut. Sifat cuka yang asetat membuat metode ini sangat efektif membunuh bakteri dan mencegah infeksi.


3. Kulit jeruk

Kulit jeruk adalah cara yang bagus unutk menghilangkan karang gigi. Cara ini mudah dilakukan karena Anda hanya mengambil bagian kulit jeruk dan mengoleskannya di area gigi dan gusi.

Bisa juga dengan membuat kulit jeruk menjadi halus dan dijadikan pasta dan dioleskan ke gigi menggunakan sikat gigi. Vitamin C dan sifat antimikroba dari kulit jeruk dapat menghilangkan karang gigi dan plak, serta membunuh pertumbuhan mikroba pada gigi.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :

Berita terkait
Mahasiswa Unair Ciptakan Obat Kumur Untuk Atasi Gigi Karies
Pembuatan obat kumur ini berangkat dari kekhawatiran akan banyaknya kasus gigi karies, disertai belum optimalnya pemanfaatan komoditas lokal.
5 Alasan Mengapa Kita Harus Periksa Gigi Secara Teratur
Pemeriksaan gigi sangat penting karena menentukan kesehatan tubuh Anda juga.
8 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami
Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan orang lain.
0
Inilah Kumpulan Doa-doa dalam Yudaisme
Doa merupakan cara seorang manusia untuk berbicara dengan tuhannya. Dalam doa kita dapat memohon dan mengucapkan syukur berikut doa dalam Yudaisme.