8 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan orang lain.
Ilustrasi memutihkan gigi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan semua orang. Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan orang lain. Bahkan demi mendapatkan gigi yang putih tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan budget lebih untuk melakukan perawatan khusus. Berikut ini delapan cara dan bahan memutihkan gigi dengan alami yang bisa kamu coba di rumah.


1. Jahe, garam, dan lemon

Haluskan potongan kecil jahe, ini bisa dilakukan dengan parutan. Ambil 1/4 sendok teh garam, lalu tuangkan pada jahe. Potong lemon, peras airnya lalu masukkan ke dalam campuran tadi, kemudian aduk rata. Gunakan dengan sikat gigi.

2. Lempung kaolin

Oleskan lempung kaolin pada gigimu, lalu sikat merata dengan sikat gigi. Jangan terlalu ditekan, lakukan perlahan. Lalu kumur-kumur dengan air bersih.


3. Garam epsom dan air

Bahan-bahan: Garam epsom, air

Campurkan garam dan air dengan takaran sama. Aduk sampai garam benar-benar larut. Oleskan campuran tadi pada gigimu dengan sikat gigi. Kamu juga bisa berkumur dengan campuran ini, lalu bilas mulut dengan air bersih.

4. Daun mimba dan air

Masukkan daun mimba ke dalam panci berisi air mendidih. Saring agar cairannya bersih. Biarkan dingin, lalu kumur-kumur dengan cairan yang telah disaring.


5. Daun peppermint dan minyak kelapa

Haluskan daun, lalu campur dengan minyak kelapa. Aduk rata dan aplikasikan campuran ini pada gigi dengan sikat gigi. Jangan menggunakan peppermint terlalu banyak, 3-5 daun sudah cukup.

6. Hidrogen peroksida dan soda kue

Campur soda kue dengan hidrogen peroksida dalam rasio 1:2. Aduk sampai mengental. Perlahan gosok gigi dengan campuran ini, lalu bilas mulut dengan air yang banyak.


7. Bubuk kakao dan air, atau minyak kelapa

Campur bubuk kakao dengan minyak kelapa atau air. Aduk sampai mengental. Gosok gigi seperti biasa dengan campuran ini.

8. Soda kue dan cuka apel

Campur 1 sendok teh cuka apel dengan 1 sendok teh soda kue. Aduk sampai rata. Gosok gigi dengan campuran tadi, lalu bilas mulut dengan banyak air.


Catatan

Harap diingat bahwa semua perawatan ini harus digunakan dengan hati-hati. Gunakan cara ini 2-3 kali seminggu selama beberapa minggu dan berhenti sejenak melakukannya. Jika kamu mulai merasakan sakit atau gigimu semakin sensitif, langsung hentikan prosedur ini. []


(Sri Wahyuni Sitorus)

Berita terkait
10 Cara Membersihkan Noda Tartar pada Gigi
Meski pembersihan kerak gigi hanya akan maksimal jika dilakukan oleh dokter, tapi ada berbagai cara untuk dapat membersihkannya sendiri.
Jangan Sepelekan Bau Mulut dan Gusi Berdarah
Gusi berdarah apat menyebabkan periodontitis yang menimbulkan penyakit padda ligamen dan tulang.
Bawang Putih Redakan Sakit Gigi, Alami, Mudah dan Ampuh
Sakit gigi sangat menyiksa. Bahan alami yang mudah ditemukan di dapur yaitu bawah putih ampuh meredakan sakitnya.
0
Harta Kekayaan Sandiaga Uno Turun Setelah Menjabat Menteri
Salah satunya menteri yang hartanya turun drastis adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.