5 Alasan Mengapa Kita Harus Periksa Gigi Secara Teratur

Pemeriksaan gigi sangat penting karena menentukan kesehatan tubuh Anda juga.
Ilustrasi pemeriksaan gigi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Menjaga kebersihan mulut sangat penting. Karena mulut merupakan salah satu organ vital tubuh. Bau mulut terkadang menjadi salah satu alasan orang menjadi insecure atau tidak percaya diri.

Pemeriksaan gigi sangat penting karena menentukan kesehatan tubuh Anda juga. Seorang dokter gigi dapat mengetahui kebiasaan makan dan minum Anda dan mengetahui apa yang membahayakan bagi tubuh khususnya rongga mulut Anda.

Dokter gigi dapat membantu Anda membersihkan karang atau sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi. Hal ini terkadang perlu perawatan khusus karena tidak akan hilang jika hanya dengan menggosok gigi. Kerusakan gigi atau bau mulut sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri. Berikut 5 alasan mengapa Anda harus melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.


1. Mencegah kehilangan gigi

Kasus kerusakan gigi yang buruk atau gigi infeksi dapat menyebabkan beberapa kerusakan dan membuat Anda menderita. Bakteri tertentu dapat berkembang di gigi Anda jika dibiarkan terlalu lama dan dapat menyebabkan peradangan dengan risiko risiko gigi tersebut harus dicabut.


2. Mencegah kerusakan gigi

Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin dan tepat waktu dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi. Kerusakan gigi dapat menyebabkan beberapa komplikasi dan jika dibiarkan, dapat membuat gigi Anda terlihat buruk dan mengurangi rasa percaya diri.


3. Mencegah gigi berlubang

Beberapa orang memiliki gigi yang rawan berlubang. Jika Anda melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, Anda dapat mencegah gigi Anda berlubang. Membersihkan rongga mulut secara rutin dapat menghilangkan bakteri berbahaya untuk mencegah terkena penyakit rongga mulut.


4. Mendapat kepercayaan diri

Setelah memiliki gigi yang bagus, cerah dan kuat, seseorang dapat memperoleh kepercayaan diri untuk menikmati senyum yang lebih indah. Ini tentu membantu meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda. Selain itu, gigi yang rutin dibersihkan dan dirawat tidak akan mengeluarkan aroma tak sedap.


5. Menjaga gusi

Mencegah penyakit gusi yang parah akan membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Bakteri tertentu jika tidak dihilangkan dapat menyebabkan penyakit gusi. Yang dapat menjadi komplikasi kesehatan yang lebih parah seperti stroke jantung atau kanker mulut.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga :





Berita terkait
Waktu yang Tepat Pergi ke Dokter Gigi Saat Corona
Pandemi Corona membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk kunjungan ke dokter gigi. Berikut waktu yang tepat untuk konsultasi ke dokter gigi.
8 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami
Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan orang lain.
10 Cara Membersihkan Noda Tartar pada Gigi
Meski pembersihan kerak gigi hanya akan maksimal jika dilakukan oleh dokter, tapi ada berbagai cara untuk dapat membersihkannya sendiri.
0
5 Alasan Mengapa Kita Harus Periksa Gigi Secara Teratur
Pemeriksaan gigi sangat penting karena menentukan kesehatan tubuh Anda juga.