UNTUK INDONESIA
Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah
Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah.
Flek hitam. (Foto: pixabay)

Jakarta - Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap jadi sorotan. Sebab itu, khususnya wanita akan melakukan banyak cara untuk memiliki wajah yang cantik dan bersih. Maka, saat kulit wajah terpapar jerawat atau flek hitam sangat menganggu penampilan.

Biasanya flek hitam berupa bercak, bintik, atau noda berwarna gelap disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan. Dalam dunia medis flek hitam disebut ephelis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya bercak tersebut seperti, faktor genetik, bekas jerawat, polusi, penggunaan kosmetik, serta paparan sinar ultraviolet (UV).

Mungkin salah satu cara yang cepat dilakukan untuk menutupi flek dengan menggunakan makeup. Namun, hal itu tidak akan memberikan hasil yang maksimal, sebab hanya sementara.

Seperti yang dirangkum "Tagar" dari berbagai sumber cara menghilangkan flek hitam di wajah yaitu:

1. Jus lemon

Cara menghilangkan flek hitam adalah dengan menggunakan air perasan buah lemon. Kandungan vitamin C pada lemon mampu menghilangkan flek hitam di wajah Anda.

Hal itu dilakukan dengan cara ambil sedikit jus lemon dengan menggunakan kapas dan gosokkan pada area kulit wajah Anda yang terdapat flek hitam.

Biarkan sampai kering, lalu cuci bersih dengan air bersih. Lakukan selama dua minggu agar Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika Anda memiliki jenis kulit yang peka atau sensitif, Anda bisa menambahkan sedikit air pada jus lemon untuk mengurangi keasamannya. Boleh juga menambahkan madu.

2. Kentang

Selain lemon, flek hitam juga bisa dihilangkan dengan menggunakan kentang, sebab disinyalir sebagai pemutih alami yang membantu untuk memudarkan bekas luka, serta flek hitam di wajah.

Selain itu, zat tepung yang ada dalam kentang mampu untuk membantu mengurangi pigmentasi, sementara enzim di dalamnya membantu untuk menyehatkan kulit. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan kentang.

Caranya, ambil satu buah kentang, blender dan ambil sarinya. Tambahkan sedikit air perasan lemon dan sedikit bubuk kunyit. Kemudian, oleskan campuran ini pada flek hitam pada wajah Anda.

3. Kayu Cendana

Salah satu bahan yang bisa jadi cara menghilangkan flek hitam adalah kayu cendana. Kandungan minyak alami dalam kayu cendana bisa membantu membersihkan flek hitam secara alami.

Berikut cara menghilangkan flek hitam dengan kayu cendana adalah campurkan satu sendok makan bubuk cendana dicampur dengan satu sendok makan gliserin dan 3 sendok makan air mawar.

Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terdapat flek hitam. Biarkan selama beberapa menit, sebelum dibersihkan dengan air hangat.

4. Soda Kue

Kemunculan flek hitam, bisa disebabkan oleh bekas jerawat. Nah untuk menghilangkan bekas jerawat ini bukan hal mudah. Salah satunya kamu bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkannya.

Carannya cukup mudah. Campurkan soda kue dengan sedikit air sehingga menjadi pasta masker, lalu oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Bawang Merah

Bahan dapur yang satu ini juga dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam. Caranya, haluskan terlebih dahulu bawang merah, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, lalu oleskan pada wajahmu. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. []

Berita terkait
Hapus Bekas Luka dan Jerawat di Wajah dengan Dermabrasi
Demabrasi untuk perawatan kulit wajah.
Lima Cara Terhindar dari Jerawat
Jerawat adalah suatu keadaan yang paling meresahkan banyak orang. Namun, hal ini tidak dapat dihindari. Begini tipsnya.
Lima Masker Madu Agar Wajah Kinclong
Madu bukan hanya bermanfaat sebagai obat dan vitamin untuk tubuh.
0
Bagaimana Cara Mempopulerkan Citra Kuliner ala Thailand?
Indonesia perlu banyak mempelajari langkah-langkah yang dilakukan Thailand dalam menaikkan citra kuliner khas negaranya.