Cara Mudah Menghitung Dividen Investasi Saham

Dividen saham adalah salah satu hal yang diharapkan oleh investor di pasar modal. Dividen adalah hal yang diinginkan oleh para investor.
Ilustrasi menghitung saham (Foto:Tagar/Pexels)

Jaakrta - Dividen merupakan keuntungan yang dimiliki oleh para investor dengan pembagian laba mengacu pada porsi saham yang dimiliki pemilik saham. Dividen saham adalah salah satu hal yang diharapkan oleh investor di pasar modal.

Meski memiliki risiko tinggi, keuntungan saham yang menggiurkan dari transaksi jual-beli hingga pembagian keuntungan yang membuat saham banyak dipilih investor. 

Masing-masing investor akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah berbeda. Hal ini bergantung pada nilai saham yang dimiliki oleh investor. Lalu bagaimana cara menghitungnya?

Perhitungan keuntungan dividen kerap dilakukan ketika perusahaan mengadakan RUPS. Adapun cara menghitung keuntungan ini bisa menggunakan rumus:

Total jumlah dividen yang akan dibagi = laba bersih x persentase rasio pembayaran dividen (%)

Dari rumus tersebut, kalian bisa menentukan jumlah dividen dengan cara berikut:

Jumlah dividen per saham = total nominal dividen : jumlah saham beredar

Nah itu dia rumus menghitung deviden saham, semoga membantu.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Moncer, Astra Sebar Deviden Rp 8,6 Triliun
PT Astra International Tbk (ASII) mendistribusikan dividen kepada pemegang saham setelah perseroan membukukan kinerja gemilang pada sepanjang 2019
BCA Sebar Deviden Rp 13,6 Triliun, Siapa Mau?
RUPS) Tahunan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) memutuskan untuk menyetor deviden tunai sebesar Rp 13,6 triliun kepada pemegang saham.
Erick Thohir Targetkan BUMN Setor Deviden Rp 49 T
Pemerintah menargetkan peningkatan setoran deviden BUMN pada sepanjang 2020 dengan target pertumbuhan Rp 48 triliun sampai Rp 49 triliun.
0
Cara Mudah Menghitung Dividen Investasi Saham
Dividen saham adalah salah satu hal yang diharapkan oleh investor di pasar modal. Dividen adalah hal yang diinginkan oleh para investor.