Cara Menghasilkan Uang dari Video Games

Game tester menjadi salah satu profesi yang menyenangkan karena tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa mendapatkan penghasilan.
Video Games (Foto:Tagar/Pixels/Pixabay)

Jakarta – Memainkan sebuah games memang sangat menyenangkan bagi siapapun yang memainkannya. Menariknya lagi, di era teknologi yang maju dengan pesat seperti saat ini, video game tidak hanya bisa dijadikan sebagai rutinitas sampingan saja, namun juga ladang untuk menghasilkan uang. 

Hal ini bahkan bisa berubah menjadi karir yang menjanjikan di kemudian hari, jika memang berjalan lancar.

Agar kamu bisa menghasilkan uang dari hobimu, berikut cara yang dapat bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari video games.


1. Menjadi Live Streamer

Bermain game secara real-time dengan ‘dunia’ melihat itu, menjadi pengertian dasar dari apa itu live streamer. Ini pekerjaan yang sangat mudah di mana kalian hanya perlu duduk, bermain game, lalu mengoceh atau berinteraksi dengan audiens kalian.

Selain itu, ada banyak sumber uang dari pekerjaan ini, mulai dari iklan dari berbagai perusahaan yang tertarik dan uang donasi atau berlangganan dari streaming-service tertentu. Untuk saat ini, platform terbesar adalah Twitch, namun YouTube Gaming juga bisa dijadikan alternatif.


2. Menulis sebagai jurnalis game

Mengkombinasikan jurnalistik dengan video game, menjadi cara selanjutnya. Kalian bisa memulai ini dengan bergabung bersama situs yang telah ada atau meluncurkan situs sendiri dan mulai menulis berita, review atau berbagai jenis konten jurnalistik lainnya.

Jika kalian menulis untuk situs yang telah ada, kalian bisa mendapatkan penghasilan sebagai freelancer dengan bayaran per artikel. Sementara jika kalian tertarik untuk mengembangkan situs sendiri, maka penghasilan itu bisa datang dari monetisasi iklan atau donasi via Patreon.


3. Membuat konten walkthrough atau tutorial.

Membuat video walkthrough atau tutorial di platform seperti YouTube, bisa membantu banyak orang – terutama gamer pemula, yang seringkali mendapati diri mereka ‘stuck’ di level atau misi pada beberapa game tertentu. Jika membuat video dirasa terlalu sulit, kalian tetap memilih opsi lain dengan membuat panduannya secara tertulis atau menerbitkan panduan itu sebagai ebook.


4. Menjadi host untuk podcast

Mulai cara ini dengan membuat podcast harian, mingguan atau bulanan dengan topik yang berkaitan dengan video game. Ini bisa berupa diskusi dengan opini atau pendapat, sesi tanya jawab dengan gamer pro, tips atau saran untuk beberapa game tertentu dan banyak lagi.

Sama seperti YouTube, podcast juga bisa dimonetisasikan dengan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Namun, format ini juga didukung untuk donasi melalui Patreon. Perlu dicatat bahwa profesi ini terbilang tidak mudah, karena membutuhkan ketekunan dan wawasan yang luas.


5. Menjadi game tester

Video game melewati banyak fase pengembangan dan ketika itu hampir selesai, developer biasanya akan merekrut orang luar untuk menguji game yang mereka buat. Sebagai game tester, tugas kalian adalah mengurai segala hal yang diinginkan oleh developer termasuk mendokumentasikan bug atau masalah yang kalian temui.

Game tester menjadi salah satu profesi yang menyenangkan karena tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa mendapatkan penghasilan. Hal ini sederhana dan hanya membutuhkan ketelitian.[]


(Ratu Mitha Amelia)


Baca Juga:

Berita terkait
Biar Nongkrong Makin Seru, Mainkan 4 Game Ini
Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk melepas penat dari rutinitas keseharian yang membosankan bersama teman-teman. berikut rekomendasinya.
Fakta Tentang Free Fire, Game Online Nomor 1 di Indonesia
Free Fire merupakan game online yang sangat terkenal di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Brasil, dan Rusia.
Gamers, Inilah Langkah-langkah Bermain Game PUBG: New State
Game PUBG: New State telah dirilis oleh pengembang asal negara Korea Selatan Krafton pada Kamis, 11 November 2021. berikut langkah-langkahnya.
0
Cara Menghasilkan Uang dari Video Games
Game tester menjadi salah satu profesi yang menyenangkan karena tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa mendapatkan penghasilan.