Cara Mengatasi Sinyal WiFi Lemot pada Laptop atau PC

Sinyal WiFi yang lemah seringkali menjadi kendala bagi para penggunanya dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di depan laptop.
Ilustrasi – Touchpad laptop. (Foto: Tagar/Pexels/Karolina Grabowska)

TAGAR.id, Jakarta - Berikut cara mengatasi sinyal WiFi yang lemah pada PC atau Laptop.

Sinyal WiFi yang lemah seringkali menjadi kendala bagi para penggunanya dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di depan laptop.

Penyebab sinyal WiFi laptop lemah bermacam-macam. Yang kerap terjadi adalah posisi router dengan laptop terlalu jauh. Hal tersebut memengaruhi kemampuan laptop untuk menerima jaringan WiFi.


Berikut cara mengatasi sinyal WiFi yang lemah di laptop.


Posisikan Router Dekat dengan Laptop

Masalah sinyal WiFi lemah dapat terjadi karena posisi router terlalu jauh dengan laptop. Maka, posisikan router agar dekat dengan laptop.

Meski demikian, tidak mudah memosisikan router. Sebab, terkadang kabel sambungan internet ke router tidak terlalu panjang, sehingga router tidak bisa dipindahkan secara bebas.

Namun, Jika Anda tidak bisa memosisikan dua perangkat tersebut secara berdekatan karena keterbatasan lokasi maupun sambungan kabel, Anda bisa membeli perangkat WiFi Repeater atau WiFi Extender.

WiFi Repeater berfungsi menangkap sinyal internet dari router yang kemudian disalurkan ke laptop secara nirkabel. Anda bisa menempatkan WiFi Repeater di tengah antara lokasi router dan laptop.


Perbarui Perangkat Router dan Driver WiFi Laptop

Kekuatan sinyal WiFi juga dipengaruhi jenis perangkat router dan perangkat lunak WiFi pada laptop. Maka, cara memperkuat sinyal WiFi adalah dengan memperbarui perangkat router dan driver WiFi laptop.

Anda bisa mengganti router dengan teknologi yang lebih baru. Kemudian, Anda juga bisa memperbarui driver WiFi di laptop. Driver WiFi yang sudah terlalu lama mungkin akan menurunkan kemampuan laptop dalam menerima sinyal WiFi.

Cara memperbarui driver WiFi laptop pada sistem operasi Windows 10 bisa diakses dengan klik ikon Windows, lalu masukkan kata kunci “Device Manager” di kolom pencarian. Kemudian, klik opsi “Network Adapter” dan klik kanan. Terakhir, pilih opsi “Update Driver”.


Hindari Gangguan Frekuensi

Router memiliki frekuensi atau gelombang elektromagnetik 2,4 GHz. Artinya sama dengan beberapa perangkat elektronik rumah, misalnya seperti Oven Microwave. Kesamaan frekuensi tersebut ternyata juga dapat mengganggu sinyal WiFi

Pada perangkat router dengan teknologi lebih modern, Anda bisa mencoba untuk memindahkan frekuensi router ke 5 GHz. Tujuannya demi menghindari gangguan dari gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat elektronik rumah.

Anda bisa mengikuti petunjuk dari masing-masing perangkat router. Umumnya Anda perlu untuk masuk ke alamat IP (Internet Protocol) router, lalu mengatur channel atau saluran tempat router beroperasi dari frekuensi 2,4 GHz ke 5 Ghz.

Jika Anda sudah mencoba cara di atas namun koneksi internet tetap lemot, maka kemungkinan besar penyebabnya bukan pada masalah sinyal WiFi. Bisa jadi, Anda harus mencoba menaikkan bandwidth, ketika internet masih lambat padahal sinyal WiFi tidak lemah.

Menaikkan bandwidth dapat Anda lakukan dengan menghubungi penyedia layanan internet WiFi yang Anda pakai. Demikian langkah untuk memperkuat sinyal WiFi pada laptop. Semoga bermanfaat.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Mendeteksi Kecepatan Wifi Melalui Aplikasi
Ad 2 langkah mdah untuk mendeteksi kecepatan WiFi yang Anda gunakan untuk performa yang lebih stabil
Cara Memperkuat Sinyal WiFi pada Smartphone
Sebagian besar instruksi terlalu teknis untuk dilakukan orang awam, Anda bisa memperbaikinya dengan langkah yang mudah.
5 Cara untuk Membatasi Pemakaian WiFi
Anda juga dapat memblokir situs web, membatasi jam akses, membatasi bandwidth, bahkan memblokir titik akses jahat dari pembajakan jaringan.
0
Cara Mengatasi Sinyal WiFi Lemot pada Laptop atau PC
Sinyal WiFi yang lemah seringkali menjadi kendala bagi para penggunanya dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di depan laptop.