5 Cara untuk Membatasi Pemakaian WiFi

Anda juga dapat memblokir situs web, membatasi jam akses, membatasi bandwidth, bahkan memblokir titik akses jahat dari pembajakan jaringan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Ada beberapa cara untuk membatasi pemakaian WiFi, baik di rumah maupun di kantor. Dalam hal ini, pemilik WiFi tidak hanya dapat mengontrol siapa yang dapat mengakses internet dari router, tetapi juga dapat memblokir situs web, membatasi jam akses, membatasi bandwidth, bahkan memblokir titik akses jahat dari pembajakan jaringan.

Berikut 5 cara untuk membatasi pemakaian WiFi untuk meminalisir gangguan koneksi.


1. Mengakses kontrol admin

Router diakses menggunakan panel administratif router, yang tersedia melalui browser web, atau aplikasi yang dikeluarkan oleh produsen.

Beberapa router hanya dapat menggunakan aplikasi seluler, sedangkan router bisnis Linksys biasanya dapat diakses dengan mengetik "https://business.linksys.com /" ke dalam browser web yang terhubung ke jaringan pengguna.

Router lama dapat diakses dengan mengetikkan alamat IP router di browser web, seperti "192.168.0.1" atau yang serupa.


2. Mengontrol penggunaan Wi-Fi

Dimulai dengan membuat kata sandi yang kuat, dengan kata-kata yang rumit dan enkripsi WPA2.

Pemilik juga dapat menonaktifkan SSID Broadcast, yang dapat menghentikan router memperlihatkan dirinya sendiri kepada siapapun yang mencari sinyal. Hal ini bisa memakan waktu.

Namun, jika pemilik ingin menemukan alamat fisik PC Windows, buka Command Prompt , ketik "ipconfig /all" dan tekan Enter.


3. Mengaktifkan akses tamu

Pada dasarnya, jaringan tamu adalah jaringan terpisah yang dibuat agar pemilik dapat mengatur batasan untuk tamu, tetapi itu tidak akan memengaruhi karyawan.

Pemilik dapat mengubah kata sandi setiap hari atau dapat menggunakan alat lain, seperti pembatasan bandwidth.

Untuk memastikan bahwa tamu tidak memanfaatkan layanan. Karyawan berada di jaringan mereka sendiri dan tidak akan terpengaruh.

Manfaat keamanan tambahan jaringan tamu membuat komputer karyawan tidak dapat diakses oleh pengunjung kedai kopi.


4. Mengaktifkan filter internet

Jika karyawan menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial dan di YouTube.

Pemilik bisa mempertimbangkan untuk memblokir situs web ini di router jika opsi itu tersedia.

Pemilik juga harus meninjau opsi keamanan dan mencari filter internet yang mencegah siapa pun di internet untuk mencoba menyelidiki kelemahan di jaringan.

Misalnya, filter umum adalah memblokir Port 133 pada router dari kueri luar.


5. Membatasi jam penggunaan

Jika perusahaan buka hanya selama jam kerja, pemilik mungkin ingin mempertimbangkan untuk memblokir semua akses internet di malam hari dan di akhir pekan.

Pembatasan penggunaan bandwidth tidak mencegah siapapun untuk mengakses internet, tetapi akan memperlambat. Jika router pemilik memberi pilihan opsi ini, cukup geser ke level yang sesuai.

Hal ini mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan, jadi coba tandai setengah jalan dan uji di beberapa situs web lalu sesuaikan dengan kebutuhan. [] 


Baca Juga

Berita terkait
Hello Heart, Aplikasi Smartphone yang Bisa Mengontrol Tekanan Darah
Programnya memonitor tekanan darah yang secara otomatis mengirimkan pembacaan langsung ke aplikasi.
Tips Aman Back Up Data di Smartphone
Ada tiga penyebab utama kehilangan data di smartphone yaitu kerusakan gawai, tidak sengaja terhapus, dan serangan virus.
Mulai November, Ini Smartphone yang Akan Diblokir WhatsApp
Smartphone yang diblokir dinilai sudah terlalu tua, sebab WhatApp hanya dapat beroperasi pada sistem operasi Android 4.0.4 keatas dan iOS 9.
0
Ganjar: Wirausaha Sebaiknya Dilatih di Koperasi & UMKM
Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa enterpreneurship (kewirausahaan) sebaiknya dilatih pada koperasi dan UMKM.