Cara Mendeteksi Kecepatan Wifi Melalui Aplikasi

Ad 2 langkah mdah untuk mendeteksi kecepatan WiFi yang Anda gunakan untuk performa yang lebih stabil
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Apakah koneksi wifi anda melambat atau mengalami masalah konektivitas? Maukah Anda menguji kecepatan wifi? dengan praktis.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis masalah atau hanya untuk melihat apakah memiliki kecepatan mengunduh dan mengunggah yang baik secara umum.

Dilansir dalam laman Minim, berikut cara menguji kecepatan wifi dari aplikasi website dan aplikasi ponsel.


1. Melalui aplikasi web gratis

Cara termudah untuk menguji kecepatan Wifi di rumah melalui aplikasi web gratis, biasanya disediakan Penyedia Layanan Internet (ISP).

Rata-rata, tes kecepatan memakan waktu mulai dari 30 detik hingga satu menit, dan mentransfer sekitar 40 MB data atau lebih.

Inilah beberapa aplikasi berbasis web yang menyediakan pengujian kecepatan wifi di rumah secara gratis: Fast.com, Ookla Speedtest, AT&T Highspeed Internet, Speed Test, SpeedSmart, Internet Health Test.


2. Melalui ponsel dan aplikasi

Ada banyak aplikasi seluler yang tersedia di toko aplikasi iOS dan android, tapi, aplikasi apa yang tepat untuk kebutuhan?

Aplikasi cakupan luas yang bagus adalah aplikasi Speedtest by Ookla, yang tersedia untuk iPhone dan android.

Seperti aplikasi berbasis web, aplikasi seluler tersebut dapat mencatat tes kecepatan dan melacak kecepatan unduh dan unggah.

Selain itu, juga menawarkan peta jangkauan operator seluler dan mengklaim sebagai satu-satunya tes koneksi internet yang mampu mengukur 5G secara akurat.

Pengguna dengan mudah dapat menguji kecepatan wifi di rumah menggunakan aplikasi Minim. []


Baca Juga


Berita terkait
Cara Memperkuat Sinyal WiFi pada Smartphone
Sebagian besar instruksi terlalu teknis untuk dilakukan orang awam, Anda bisa memperbaikinya dengan langkah yang mudah.
5 Cara untuk Membatasi Pemakaian WiFi
Anda juga dapat memblokir situs web, membatasi jam akses, membatasi bandwidth, bahkan memblokir titik akses jahat dari pembajakan jaringan.
Google Rilis WifiNanScan, Aplikasi Kirim File Besar Tanpa Internet
Google merilis aplikasi baru bernama WifiNanScan yang memungkinkan pengguna Android mentransfer data dalam jumlah besar tanpa koneksi internet.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi