UNTUK INDONESIA
Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Selama New Normal
Selama new normal, masyarakat sering dihadapi dengan permasalahan kulit wajah. Itu karena mereka harus menerapkan protokol kesehatan.
Ilustrasi Jerawat. (Foto: thebodyshop.co.id)

Jakarta - Era new normal sekarang ini, masyarakat diimbau untuk menerapkan berbagai kebiasaan baru dengan menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tangan sesering mungkin. Namun, tak jarang kegiatan tersebut menimbulkan berbagai masalah kulit yang sangat mengganggu.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Klinik Bamed, Sonia Hanifati mengatakan selama new normal ada beberapa masalah kulit yang kerap dialami banyak orang setelah menerapkan berbagai protokol kesehatan tersebut. 

"Rutinitas baru tersebut tidak jarang menimbulkan keluhan yang mengganggu, misalnya jerawat akibat masker (mask-acne), kulit kering, hingga iritasi kulit," kata dr. Sonia dalam webinar bersama Bamed Healthcare beberapa waktu lalu.

Mengenai masalah kulit tersebut, dr. Sonia turut membeberkan tips sederhana dalam perawatan kulit sehari-hari guna mencegah masalah yang mengganggu. "Misalnya untuk mencegah jerawat akibat penggunaan masker, dapat dilakukan dengan mengganti masker kain setiap 4 jam, mencuci masker kain setiap kali habis dipakai," ucapnya.

Kemudian mencegah jerawat timbul akibat memakai masker, Anda bisa mencoba meminimalisir penggunaan makeup, menggunakan produk skincare non-comedogenic. Selanjutnya, pilihlah pelembap wajah yang ringan agar pori-pori tidak tersumbat.

Kata dia, mencegah kulit kering dan iritasi sebaiknya gunakan pelembap atau hand cream setiap kali mencuci tangan. "Utamakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak tersedia air mengalir dan sabun, gunakan hand sanitizer dan tetap aplikasikan pelembap setelah mencuci tangan," ujarnya.

Jika masalah kulit tersebut belum juga hilang, Anda disarankan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. "Penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah kerusakan kulit lebih lanjut, misal jerawat menjadi meradang atau iritasi kulit berlebih yang memudahkan terjadinya infeksi," tutur dr. Sonia. []

Baca juga:

Berita terkait
Kenali Penyebab dan Cara Aman Mengatasi Miss V Gatal
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hayatun Nufus mengatakan kesalahan dalam mencukur bulu kemaluan bisa menjadi penyebab vagina atau miss V gatal.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Pakai Skincare
Tak jarang produk skincare yang tidak cocok menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut cara untuk mengatasi masalah kulit yang muncul tersebut.
Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Rambut Berketombe
Ketombe kerap kali menjadi suatu masalah bagi kebanyakan orang baik perempuan atau pria. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi ketombe.
0
Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Selama New Normal
Selama new normal, masyarakat sering dihadapi dengan permasalahan kulit wajah. Itu karena mereka harus menerapkan protokol kesehatan.