UNTUK INDONESIA
Cara Mengatasi Ketombe Saat Musim Hujan
Udara dingin menyebabkan kulit kepala menjadi lebih mudah kering dan membuat sel kulit mati mengelupas yang berubah menjadi ketombe.
Rambut tanpa ketombe. (Foto: pixabay/free_photo)

Jakarta - Musim hujan membuat keadaan udara sekitar menjadi lembab. Kondisi itu menyebabkan kulit kepala menjadi lebih mudah kering dan membuat sel kulit mati mengelupas yang berubah menjadi ketombe.

Meski demikian, jangan khawatir. Ada beberapa cara terbaik untuk mengatasi ketombe pada musim dingin dengan menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, atau minyak lainnya yang sesuai kulit.

Nah, buat kamu yang sering mengalami masalah ketombe, ada beberapa tips yang mudah dan efektif bisa dilakukan untuk mengatasinya, yang dirangkum Tagar dari Boldsky.

1. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Kulit kepala kering menjadi penyebab utama kemunculan ketombe yang dipengaruhi oleh kondisi udara yang lembap dan dingin.

Cara mencegah ketombe saat musim hujan yang paling penting dengan menjaga kelembapan kulit kepala dengan menggunakan berbagai jenis produk perawatan rambut yang berfungsi melembapkan kulit kepala dan rambut saat musim hujan secara rutin.

2. Memakai Minyak Rambut Sebelum Keramas

Cara menjaga kelembapan kulit kepala lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak rambut. Salah satu jenis minyak rambut yang bisa digunakan yaitu minyak kelapa.

Tidak hanya mampu mencegah kemunculan ketombe, pemakaian minyak rambut sebelum keramas juga mampu menjaga kelembutan dan menutrisi rambut.

Pengaplikasiannya bisa mencampurkan minyak kelapa dengan minyak tea tree, dan memijatkannya ke kulit kepala. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan keramas.

3. Jangan Memakai Sampo Berlebihan

Selain menjaga kelembaban kulit kepala, menjaga kebersihan kulit kepala juga penting untuk mencegah ketombe tidak hanya saat musim hujan saja.

Keramas atau mencuci rambut adalah keharusan, tapi jangan terlalu sering dan terlalu banyak memakai sampo, karena hal itu akan membuat kulit kepala menjadi lebih kering.

Bila diteruskan, ketombe bisa muncul dan menjadi tambah parah. Jadwalkan untuk keramas setidaknya 3-4 kali dalam seminggu dan jangan keramas setiap hari.

4. Memakai Produk Bebas Alkohol

Ada banyak jenis produk perawatan rambut yang biasa dipakai setiap hari, mulai dari sampo, kondisioner hingga vitamin rambut. Saat melakukan hair-styling, akan lebih banyak produk yang akan digunakan, seperti hair-spray.

Kandungan bahan dalam produk-produk ini harus diperhatikan karena bisa menyebabkan kemunculan ketombe. Sebisa mungkin hindari produk perawatan rambut yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol dalam produk perawatan rambut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lebih kering.

5. Cek Komposisi Bahan Sampo

Penggunaan sampo khusus anti ketombe juga bisa mencegah ketombe saat musim hujan. Sebelum memutuskan untuk membeli sampo anti ketombe, ada baiknya untuk mengecek komposisi bahan yang terkandung dalam produk tersebut.

Jangan hanya termakan judul sampo anti ketombe saja. Pastikan ada kandungan yang baik untuk mencegah ketombe seperti vitamin B, asam lemak omega-3, zinc dan minyak tea tree. Apabila dalam sampo anti ketombe tidak mengandung dua dari bahan tersebut, pastikan jangan dibeli. []

Berita terkait
Gaya Rambut Kaesang Pangarep Saat Pelantikan Jokowi
Poni lempar ala Kaesang Pangarep mencuri perhatian publik hingga membuat gagal fokus saat pelantikan Presiden.
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
Tiga Ramuan Masker Rambut dari Minyak kelapa
tanpa perawatan yang efektif akan menganggu pertumbuhan rambut. Ternyata, cukup menggunakan minyak kelapa mendapatkan rambut bagus.
0
Presiden Venezuela Kecam Kudeta Bolivia
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengecam kudeta Bolivia.