UNTUK INDONESIA
Tiga Ramuan Masker Rambut dari Minyak kelapa
tanpa perawatan yang efektif akan menganggu pertumbuhan rambut. Ternyata, cukup menggunakan minyak kelapa mendapatkan rambut bagus.
Rambut bagus dengan minyak kelapa. (Foto: pixabay/xusenru)

Jakarta - Rambut disebut sebagai mahkota bagi kaum hawa. Namun, yang menjadi masalahnya, tanpa perawatan yang efektif tentu akan menganggu pertumbuhan rambut. 

Tapi, jangan takut, punya rambut bagus dan lebat tidak harus mahal seperti yang dilakukan bagi kebanyakan wanita yang rela membayar mahal ke salon demi mendapatkan rambut yang bagus.

Penulusuran Tagar dari laman stylecraze.com, perawatan alami bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan madu dan minyak kelapa. Nutrisi yang terkandung dalam masu dipercaya bisa menyuburkan dan menguatkan rambut.

Minyak KelapaMinyak kelapa sebagai kondisioner rambut. (Foto: pixabay/moho01)

Sementara minyak kelapa juga mengandung nutrisi yang bisa membuat rambut semakin lembut, berkilau, dan jauh dari masalah uban. Selain itu, bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan menghapus makeup.

Asam lemak atau linoleat yang dimiliki minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut, memutih, dan terpapar sinar UV. Bahkan, sangat mendukung membentuk struktur rambut panjang dan lurus.

Berikut Tagar telah merangkum, ada beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut:

1. Membantu Mencegah kerusakan Rambut

Mengoleskan minyak kelapa pada rambut bisa dilakukan sebelum atau setelah mencuci rambut. Hal itu dipercaya dapat mencegah kerusakan pada rambut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan minyak kelapa pada rambut, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke rambut sebelum atau sesudah keramas.

Menerapkan minyak kelapa ke rambut sebelum keramas dapat mengurangi jumlah air yang diserap oleh batang rambut. Sehingga membuat rambut kurang rentan terhadap kerusakan saat basah.

Sementara, mengoleskan minyak kelapa setelah Anda keramas dapat membuat rambut lebih lembut dan halus. Membuat rambut tidak mudah tersangkut dan patah.

2. Membantu Menumbuhkan Rambut Lebih Panjang

Banyak orang ingin memiliki rambut panjang dan berkilau. Namun, perawatan, cuaca, dan polutan sehari-hari justru membuat rambut terlihat usang dan kering.

Minyak kelapa dapat membantu rambut tumbuh lebih panjang dengan melembabkan dan mengurangi kerusakan.

3. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Menggunakan minyak kelapa untuk rambut bisa mencegah tumbuhnya kutu, melindungan kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari, mencegah timbulnya ketombe, dan mencegah rambut rontok.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak lepas dari peracikan minyak kelapa untuk dijadikan sebagai masker kelapa.

Berikut beberapa resep masker rambut dari minyak kelapa yang dirangkum Tagar dari laman Harper' Bazaar:

1. Rambut Kering

Untuk mengatasi rambut kering dapat membuat masker rambut minyak kelapa sederhana ini dapat melembapkan rambut kering dan rapuh dengan menyiapkan resep, 2 sendok makan minyak kelapa extra virgin atau Extra Virgin Coconut Oil, 1 sendok makan madu dan 1 butir telur.

Pertama, lelehkan minyak kelapa di atas kompor atau dalam microwave. Kocok telur dalam mangkuk terpisah, lalu kombinasikan telur dengan minyak kelapa panas. Tambahkan madu dan kocok lagi hingga merata.

Setelah memisahkan rambut yang bersih dan lembab menjadi beberapa bagian, pijat dengan lembut masker rambut ke setiap bagian dari akar hingga ujung.

Pastikan setiap bagian tertutup secara merata. Kemudian, bungkus rambut dengan topi mandi, t-shirt, atau handuk selama tiga puluh menit. Bilas masker rambut tersebut dengan air dan sampo. Lakukan dua atau tiga kali pembilasan untuk membersihkan masker sepenuhnya.

2. Mencegah Rambut Patah

Masker rambut minyak kelapa saja, kaya untuk melembapkan rambut, gunakan dua sendok makan minyak kelapa extra virgin atau extra virgin coconut oil dan 1 sendok makan cuka sari apel.

Kemudian, panaskan minyak kelapa sampai meleleh, gabungkan dengan cuka sari apel dalam mangkuk, aduk rata. Oleskan masker ke rambut kering atau basah di beberapa bagian, secara merata menutupi setiap bagian dari akar ke ujung. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas. Ikuti dengan sampo dan kondisioner rutin.

3. Menyehatkan Rambut yang Sangat Rusak

Rambut yang sangat rusak akan membutuhkan resep yang sedikit berbeda. Alih-alih mencampur beberapa bahan untuk masker rambut minyak kelapa yakni dengan menggunakan dua sendok makan minyak kelapa saja.

Setelah memanaskan minyak kelapa, oleskan ke rambut basah atau kering apa adanya. Kemudian, bungkus dengan handuk atau topi mandi dan kenakan semalaman. Di pagi hari, bilas masker dengan sampo pilihan dan keringkan. Masker rambut ini disarankan untuk rambut yang telah diwarnai beberapa kali. []

Berita terkait
Tiga Penyebab Rambut Kering dan Mengatasinya
Rambut yang sehat terdapat minyak alami di lapisan terluar dapat melindungi bagian dalam rambut serta memantulkan cahaya.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
Enam Penyakit Sebabkan Rambut Rontok
Rambut rontok merupakan terjadinya lepasnya rambut secara berlebihan. Kondisi ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan.
0
Memalukan Guiding Block Difabel di Yogyakarta Dicuri
Guiding block untuk tunanetra di pedestrian Kotabaru Yogyakarta hilang. Ada yang lepas karena dilewati kendaraan tapi banyak juga yang dicuri.