5 Kesalahan Pakai Make Up membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari pada saat memakai make up agar wajah tidak terlihat lebih tua.
Brush make up. (Foto : Tagar/freephotos/pixabay.com)

Jakarta - Mempunyai wajah cantik dan menarik adalah impian semua wanita. Tak jarang, wanita merias wajahnya menggunakan make up dan riasan untuk terlihat lebih menarik, cantik, dan awet muda. Meski demikian, teknik berdandan tidak sepenuhnya bisa dilakukan oleh wanita di semua kalangan usia sebab kulit akan mengalami perubahan setiap tahun. 

Alih-alih ingin terlihat lebih muda, kesalahan dalam bermake-up sering terjadi dan membuat wajah malah terlihat kusam dan lebih tua. Dikutip dari beberapa sumber, berikut kesalahan yang harus dihindari saat memakai make up.

1. Memakai Foundation Tebal atau Berlebihan

Kesalahan yang paling dasar saat memakai make up pertama kali adalah memakai foundation secara berlebihan. Mereka berharap dengan memakai foundation tebal akan menutupi semua permasalahan di wajahnya, seperti jerawat, noda-noda hitam, dan komedo.

Namun, menggunakan foundation yang tidak berlebihan dan ringan akan membuat wajah Anda terlihat jauh lebih muda. Tetapi, jika anda mempunyai permasalahan di wajah dan ingin menutupinya, Anda bisa menggunakan concealer untuk tutupi jerawat dan noda-noda hitam.

2. Blush On Terlalu Mencolok atau Berlebihan

Menggunakan blush on secara berlebihan seperti pipi Anda terlihat sehabis di tampar dan tentu saja akan merusak penampilan. Tetapi, menggunakannya terlalu sedikit itu juga akan membuat kulit Anda terlihat kusam. Jika anda memakai blush on, pilihlah warna yang tepat. Sehingga kulit Anda terlihat lebih sehat dan berkilau.

Cara yang sering direkomendasikan untuk memilih warna blush on yang tepat yakni dengan mencubit pipi Anda dan cari warna yang sama dengan cubitan tersebut. Hindari memakai warna terlalu cokelat atau merah sebab akan terlihat kusam. 

Pilih blush on jenis krim. Karena, jenis tabur bisa memperjelas garis halus dan kerutan. kemudian untuk memberikan efek tampak lebih muda, aplikasikan blush on di pipi kemudian usap ke atas atau ke arah tulang pipi anda dengan rata.

Make up lipstik nudeMake up lipstik nude. (Foto : Tagar/annafill28/pixabay.com)

3. Menggunakan Lipstik, Tanpa Membersihkan Bibir Terlebih Dahulu

Lipstik terlihat cocok dengan bibir, ketika Anda memilihat warna yang tepat dengan tone kulit. Lipstik yang bewarna nude akan membuat Anda lebih terlihat muda. Tapi, sebelum memakai lipstik alangkah lebih baik jika kulit bibir Anda bersih dan lembut. Itu akan memperlihatkan bibir Anda jauh tampak segar dan menarik.

Dengan itu, pastikan bibir yang akan menggunakan lipstik tidak kering dan pecah-pecah. Anda bisa menggunakan pelembab bibir, seperti lipbalm. Dan juga bisa me-scrub bibir Anda menggunakan lipscrub. Itu akan membuat bibit Anda lebih lembab dan halus.

4. Alis Terlalu Tebal

Menebalkan alis dan merapihkan bentuknya akan membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik. Namun, jika menebalkannya terlalu berlebihan akan merusak penampilan Anda. Hanya dengan merapihkan alis yang Anda sudah punya, akan membuat make up terlihat lebih natural dan tidak tampak tua.

Sebaiknya, tinggikan sedikit alis Anda dari bagian atas alis, bukan dari bawah. Hindari membentuk alis yang terlalu tajam atau tegas. Aplikasikan dengan lembut dan tipis-tipis. Alis, akan membuat wajah Anda lebih muda jika menggunakan teknik dan warna yang tepat. 

Make up naturalMake up natural. (Foto: Tagar/DzeeShah/pixabay.com)

5. Memakai Kuas Kotor Untuk Make Up

Kuas make up adalah hal yang harus diperhatikan. Jika Anda mempunyai kuas make up yang kotor akan membawa kuman atau bakteri di wajah Anda. Itu bisa menyebabkan wajah Anda berjerawat. Memakai kuas kotor juga akan membuat make up Anda tidak terlihat rata. 

Cara membersihkan kuas make up sangatlah mudah. Bisa dengan menggunakan sabun pembersih kuas make up khusus yang kini telah tersedia, atau bisa juga dengan menggunakan micellar water. Bahkan yang lebih mudah lagi, kamu bisa menggunakan sabun pencuci muka untuk membersihkannya. Selain itu, kuas make up bisa dibersihkan dengan shampo bayi. 

(Risma Dewi Indriani)




Berita terkait
Samarkan Pipi Tembam dengan Empat Make Up Ini
Memiliki pipi tembam bagi wanita tentu akan mempengaruhi rasa percaya diri, begini cara merias wajah yang tembem agar terlihat tirus
2 Alat Makeup Wanita, Jadi Malapetaka Jika Lupa Dibawa Pergi
Jika lupa membawa 2 alat makeup ini, wah, bisa jadi malapetaka bagi wanita.
Tips Make Up Cantik di Hari Valentine
Hari valentine biasanya para kaum hawa ingin berpenampilan cantik di hadapan pasangannya. Berikut tips make up cantik di hari kasih sayang.
0
Erdogan Dituding Bos Mafia Mempersenjatai Jihadis di Suriah
Sedat Peker, gembong mafia Turki yang hidup di pengasingan, melalui YouTube, tuding pemerintah Turki persenjatai jihadis Suriah