Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 untuk Dibagikan ke Medsos

Berikut Tagar rangkumkan langkah membuat Spotify Wrapped 2020 dan membagikannya ke sosial media.
Ilustrasi produk layanan digital. (Foto: Dok/Spotify Newsletter - Substack)

Jakarta - Layanan streaming musik digital, podcast, dan video, Spotify, kembali menghadirkan Spotify Wrapped atau Kilas Balik untuk penggunanya. Di awal bulan Desember ini, Spotify Wrapped 2020 sudah tersedia dan bisa diakses untuk dibagikan di media sosial.

Di Kilas Balik alias Spotify Wrapped 2020 ini nantinya, para pengguna bisa mendengarkan kembali artis, lagu, dan podcast yang sering diputar dan paling dinikmati dalam satu tahun terakhir.

Pada edisi tahun ini, Spotify Wrapped 2020 disajikan lebih interaktif dengan penggunanya. Kamu akan disodori rincian tentang playlist yang telah didengar setahun ke belakang.

Dalam fiturnya, akan muncul beberapa pertanyaan kepada para penggunanya seperti "lagu dari dekade mana yang paling sering kamu putar" atau tebak podcast teratas tahun ini".

Berikut Tagar rangkumkan langkah membuat Spotify Wrapped 2020 dan membagikannya ke sosial media:

  1. Pastikan aplikasi Spotify sudah terupdate atau menggunakan versi terbaru.
  2. Dapat juga dibuka di laman https://2020.byspotify.com/ melalui web browser.
  3. Untuk pengguna laptop/PC, Spotify akan langsung menampilkan daftar kilas balik 2020 di web browser.
  4. Namun, hanya akan melihat daftar playlist 'Yor Top Songs 2020', 'Missed Hits' dan 'On Record'.
  5. Untuk pengguna smartphone, saat membuka akan langsung dialihkan ke aplikasi Spotify.
  6. Tampilan Spotify Wrapped 2020 pada smartphone, berbentuk slide menyerupai fitur Story Instagram.
  7. Untuk membagikannya di media sosial, klik pada salah satu slide, kemudian pilih “share this story” yang terletak di bagian bawah tiap slide.
  8. Pengguna dapat membagikan Spotify Wrapped 2020 ke Instagram Stories, Snapchat, dan Facebook. Spotify hanya akan membagikan infografis yang ada di masing-masing story, tidak keseluruhan video.

Spotify juga mengungkapkan penyanyi Pamungkas menjadi artis lokal yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada tahun ini. Selanjutnya ada Fiersa Besari, Hindia, Tulus dan Glenn Fredly.

Sementara untuk kategori album yang paling banyak didengarkan di Indonesia, ada Walk the Talk milik Pamungkas, disusul oleh Menari Dengan Bayangan dari Hindia, MAP OF THE SOUL:7 milik BTS, dan Cinta Luar Biasa oleh Andmesh Kamaleng.

Kategori lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia adalah hit dari Mahen berjudul Pura-Pura Lupa, lalu Someone You Loved oleh Lewis Capaldi, dan Secukupnya dari Hindia, yang pernah menduduki peringkat teratas Indonesia Top 50 di Spotify selama empat pekan berturut-turut di awal tahun ini. []

(Christine Sheptiany)


Berita terkait
Lagu Karya Yovie Widianto Raih 500 Juta Pendengar di Spotify
Yovie Widianto sebagai pencipta lagu telah merilis ratusan tembang dengan jumlah total lebih dari 500 juta pendengar di Spotify.
Jelang Album Baru, WSATCC Rilis Vinyl Single Irama Cita
Grup band White Shoes And The Couples Company (WSATCC) merilis single terbaru berjudul Irama Cita milik dalam format piringan hitam atau vinyl.
Andmesh Kamaleng, Penyanyi Pria Pop Terbaik AMI Awards 2020
Andmesh Kamaleng berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Pria Pop Terbaik di ajang penghargaan AMI Awards 2020.
0
Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Pakai Pakaian Adat Kalsel
Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Selasa 1 Juni 2021 dengan mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu Kalsel.