Podkesmas Rajai Chart Top 5 Global Podcast Spotify Lite

Siniar asal Indonesia, Podkesmas sukses merajai chart top five global podcast di aplikasi streaming audio daring Spotify Lite.
Personel Podkesmas, Ananda Omesh, Surya Insomnia, Imam Darto, dan Angga Nggok. (Foto: Podkesmas Asia Network)

Jakarta - Siniar asal Indonesia, Podkesmas sukses merajai chart top five global podcast di Spotify Lite, versi sederhana dari aplikasi streaming audio daring Spotify. Mereka sukses menduduki puncak chart bersama tiga podcast nasional lain.

Podkesmas yang digawangi oleh pesohor lawas di industri hiburan Tanah Air, yakni Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia dan Angga Nggok, sukses duduk di posisi pertama. Disusul kemudian oleh Rintik Sedu, kumpulan audio puisi yang dibacakan Nadhifa Allya Tsana, seorang penulis buku populer Indonesia, yang berada di posisi kedua.

Di urutan ketiga, ada podcast cerita horor Do You See What I See yang dipandu oleh Rizky "Mizter Popo" Ardi Nugroho dan diluncurkan pada tahun 2018. Sementara di posisi kelima, ada siniar Kajian Hanan Attaki, sebuah konten audio pembahasan agama Islam yang diasuh oleh ustaz muda, Hanan Ataki.

Sedangkan posisi keempat chart top five global podcast di Spotify Lite, diduduki oleh Brasil NerCast, sebuah siniar yang berfokus pada budaya nerd di Brazil.

Selain merilis chart lima podcast teratas secara global, Spotify Lite juga mengungkapkan lima lagu teratas di Indonesia, yakni Waktu Yang Salah oleh Fiersa Besari dan Thantri yang menduduki peringkat pertama.

Lagu pop Latin 2019 berjudul Señorita oleh Camila Cabello dan Shawn Mendes berada di posisi kedua, tembang Tolong dari Budi Doremi di urutan ketiga, Halu oleh Feby Putri di posisi keempat dan Memories dari Maroon 5 di urutan terakhir.

Dalam dua tahun terakhir, tren mendengarkan podcast berkembang cepat di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Dalam pengertiannya, Podcast sendiri merupakan siaran audio on demand, yang berarti para pendengar bisa sesuka hati mendengarkan konten berbasis audio kapan pun dan di mana pun, tidak seperti siaran radio konvensional yang harus di dengarkan pada saat bersamaan konten itu disiarkan atau real time.

Chart podcast dan lagu dirilis Spotify Lite pada hari ulang tahun pertamanya, Selasa 8 September 2020 lalu.

Aplikasi ini memiliki fitur penyimpanan lebih sedikit dari versi konvensional, yakni hanya 10 MB. Platform ringkas ini dapat digunakan di seluruh dunia, dengan menjajakan 60 juta lagu dan 1,5 juta siniar.

Tonton wawancara ekslusif Tagar TV bersama Bapak Podcast Indonesia, Adriano Qalbi mengenai masa depan industri siniar di Indonesia:



Berita terkait
Majelis Lucu Indonesia Rilis Stand Up Show Tanpa Sensor
Majelis Lucu Indonesia (MLI) resmi merilis Digital Download video pertunjukan stand up comedy dari sejumlah komika Indonesia.
Spotify Rilis Fitur Video untuk Podcast
Spotify merilis fitur video untuk podcast yang memungkinkan pembuat konten membawa konten audio dan video ke dalam aplikasi.
Noel Gallagher Bikin Podcast Nakal, Ngobrol Sambil Teler
Dalam waktu dekat, Noel mengaku akan meluncurkan podcast dengan konsep nakal. Noel bakal mengajak bintang tamunya ngobrol sambil teler.
0
Kemendikbud: Pancasila Matpel Wajib SD - Perguruan Tinggi
Kemendikbudristek mengatakan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dengan penerapan yang mudah.