Cara Membuat Laporan Keuangan Usaha Terkontrol

Tidak hanya perusahaan besar, tetapi membuat laporan keuangan merupakan hal yang wajib untuk usaha kecil atau UMKM.
Ilustrasi Laporan Keuangan (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Laporan keuangan sangatlah penting dari bagian kehidupan. Tidak hanya perusahaan besar, tetapi membuat laporan keuangan merupakan hal yang wajib untuk usaha kecil atau seperti UMKM. 

Dengan membuat laporan keuangan, Anda menjadi tahu keuangan Anda saat ini seperti apa dan apa saja yang sudah keluarkan dengan uang tersebut, hingga digunakan dengan bijak.

Namun terkadang, masih banyak para pengusaha UMKM yang tidak memperdulikan tentang laporan keuangan ini. Lalu keuangan tidak dapat terkontrol dengan baik, uang sudah didapat pun cepat habis dengan sendirinya, yang pada akhirnya usaha tidak berkembang dan akhirnya bangkrut .

Maka dari itu laporan keuangan sangatlah penting bagi setiap perusahaan, baik itu merupakan perusahaan privat maupun perusahaan publik. Lantas, apa yang membuat hal ini begitu penting? Dalam pembahasan berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang pengertian, manfaat, fungsi, cara pembuatan hingga jenis-jenisnya.


Mengenal Laporan Keuangan

Menurut Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield dalam bukunya yang berjudul “Intermediate Accounting”, menyatakan bahwa Financial Statements adalah salah satu alat terpenting untuk dapat mengkomunikasikan informasi keuangan perusahaan ke pihak luar. Dalam laporan ini menyediakan tentang sejarah keuangan dari sebuah perusahaan yang melaporkan.


Manfaat Laporan Keuangan:

- Mengetahui gambaran terkait kondisi UMKM saat ini.

- Memberikan informasi seputar keuangan perusahaan UKM.

- Sebagai syarat untuk menarik investor.

- Sebagai landasan membuat kebijakan pada UMKM sendiri.


Fungsi Laporan Keuangan:

- Mencatat keuangan berdasarkan urutan waktu dan tangga transaksi

- Penjelasan atau rincian

- Mencatat keseluruhan transaksi

- Sebagai Bukti transaksi


Cara Membuat Laporan Keuangan

- Penyusunan neraca saldo berupa daftar buku besar yang terdiri dari saldo debit dan kredit.

- Pengumpulan data untuk membuat jurnal penyesuaian dari beberapa transaksi yang ternyata belum tercatat pada neraca saldo.

- Pembuatan neraca lajur guna melengkapi data yang belum tercatat pada neraca saldo dari sumber informasi yang ada pada jurnal.

- Pembuatan financial statements.

- Penyesuaian beserta penutup rekening dari setiap laporan yang dibuat.

- Penyusunan neraca saldo setelah penutupan.


Laporan Arus Kas

Laporan arus kas yang nantinya akan mencatat semua transaksi masuk dan keluar selama kurun waktu tertentu. Dalam hal ini sifatnya sangat penting karena laporan ini nantinya dapat menjadi indikator laporan arus kas di masa yang akan datang, sekaligus juga menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana perusahaan.


Laporan Neraca

Pada prinsipnya, neraca keuangan ditujukan untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan atau usaha pada periode tertentu. Neraca merupakan bagian dari laporan keuangan yang dibuat setahun sekali. Neraca sangat diperlukan untuk mengetahui nilai perusahaan setelah menjalankan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan. Intinya, nilai suatu perusahaan bisa saja bertambah atau berkurang setelah adanya berbagai macam transaksi.


Laporan Laba Rugi

Sesuai dengan istilahnya, laporan laba/rugi memuat laporan tentang selisih pendapatan setelah dikurangi dengan biaya-biaya atau beban. Laporan laba/rugi dapat digunakan untuk mengambil kebijakan atau sebagai dasar ukuran seperti untuk mengukur tingkat pengembalian investasi atau laba per saham.


Laporan Perubahan Ekuitas

Ekuitas dalam ilmu akuntansi dapat diartikan sebagai modal atau kekayaan entitas. Entitas di sini bisa perusahaan, UKM, dan lain sebagainya. Ekuitas didapat dari selisih jumlah aktiva (aset) setelah dikurangi dengan pasiva (kewajiban). Laporan perubahan ekuitas berarti laporan yang memuat tentang segala perubahan atas ekuitas untuk suatu periode.


Catatan Laporan Keuangan

Catatan yang menyertai Financial Statements sangatlah penting, namun hal tersebut seringkali dilupakan. Laporan ini berisi semua catatan penting terkait dengan semua jenisnya, sehingga laporan perusahaan terkait kondisi keuangan mereka bisa lebih mudah untuk dipahami.

Dengan mengetahui pengertian laporan keuangan, manfaat, fungsi, cara pembuatan hingga jenis-jenisnya, maka Anda sudah tau bukan betapa pentingnya hal ini? Namun, bukan hanya perusahaan saja yang menganggap hal ini begitu penting, tapi kamu sebagai individu pun perlu memilikinya.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Menkeu Sambut Baik Upaya Google dalam Membangun UMKM
Kemenkeu Sri Mulyani menyambut baik upaya google dalam melakukan pembangunan dan pemberdayaan UMKM nasional di Indonesia. Simak ulasan lengkapnya.
Sambut Hari Difabel Sedunia, Tokopedia Berbagi Kisah Inspiratif UMKM Difabel
Tokopedia bagikan cerita inspiratif UMKM difabel yang berkontribusi pada ekonomi digital melalui pemanfaatan teknologi.
Baru Buka Usaha? Ini Tips Mengembangkan Bisnis Bagi Startup
Banyak sekali perusahaan startup yang bermunculan pada beberapa tahun belakangan ini. Nah, begini tips mengembangkan bisnis bagi startup.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.