Cara Perawatan Wajah yang Dapat Hilangkan Noda Hitam

Noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit, berikut cara mengatasinya dengan mudah dan cepat.
Ilustrasi - Cara perawatan wajah yang dapat hilangkan noda hitam. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Munculnya noda-noda hitam di wajah dapat membuat warna kulit jadi tidak merata. Selain dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri, butuh usaha yang ekstra untuk menyamarkan noda hitam dengan bantuan make up. 

Noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit. Bagi Anda yang sedang mengalami jangan khawatir berikut cara mengatasinya. 


1. Kojic acid

Kandungan kojic acid juga baik untuk mengurangi noda gelap pada kulit. Kojic acid berasal dari jamur atau beras yang difermentasi. Kandungan ini bekerja dengan menekan zat warna pada kulit sehingga area kulit yang gelap dapat menjadi cerah. 


1. Vitamin C

Skincare vitamin C mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam dan keriput. Vitamin C juga bekerja dengan menghambat melanin sehingga dapat membantu mengurangi warna gelap pada kulit.


3. Ekstrak kedelai

Kandungan ekstrak kedelai telah terbukti membantu mencerahkan kulit. Berdasarkan informasi dari American Academy of Dermatology (AAD), kedelai bekerja menghilangkan bintik hitam dengan cara mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.


4. Laser

Laser merupakan perawatan yang efektif dan cukup cepat untuk menghilangkan dark spot. Namun tidak dapat dipungkiri metode ini cukup menguras biaya. Laser bekerja dengan cara memecah dan menghilangkan partikel pigmen kulit yang gelap. 


5. Hydroquinone

Bahan yang satu ini sudah sejak lama dipercaya untuk melawan noda hitam di wajah. Hydroquinone bekerja dengan menghambat enzim tirosinase, yakni enzim yang membantu produksi melanin.

Sebelum menggunakan produk ini ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Dalam beberapa kasus, hydroquinone dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, rasa terbakar hingga reaksi alergi.


6. Microneedling

Perawatan microneedling dapat membantu produksi kolagen kulit yang dapat menghilangkan dark spot sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

Jika dilakukan dengan benar, hasilnya dapat terlihat setelah satu minggu sejak perawatan. Biasanya dokter kulit yang melakukan perawatan ini akan menambahkan vitamin C agar area kulit yang gelap lebih cepat teratasi. 


7. Chemical peeling

Perawatan chemical peeling dapat menghilangkan dark spot dengan cara menghilangkan lapisan atas kulit mati. Seiring waktu, perawatan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, serta mengurangi munculnya bintik hitam.

Nah, itulah sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. []

Berita terkait
Cara Dapatkan Kulit Wajah yang Mulus dan Bercahaya
Banyak orang yang ingin tampil dengan wajah bercahaya dan mulus agar terlihat sempurna. Berikut cara dan langkah mendapatkanya.
7 Masker Alami untuk Memutihkan Wajah
Wajah putih dan sehat menjadi idaman bagi semua perempuan. Berikut cara mendapatkanya dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan.
Wajib Tahu! 7 Penyebab Noda Hitam pada Wajah
Noda hitam di wajah jadi salah satu masalah pada perempuan sehingga banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya berikut penyebabnya.
0
Cara Perawatan Wajah yang Dapat Hilangkan Noda Hitam
Noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit, berikut cara mengatasinya dengan mudah dan cepat.