Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat WhatsApp

Berdasarkan penjelasan di akun Instagram resmi Kemenkes RI, berikut tutorial mengunduh sertifikat vaksin via WhatsApp.
Ilustrasi - WhatsApp. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sertifikat vaksin kini sangat diperlukan dalam beraktivitas. Ia jadi syarat dalam bepergian menggunakan moda transportasi publik, syarat memasuki pusat perbelanjaan ataupun tempat wisata.

Biasanya, PeduliLindungi jadi aplikasi andalan untuk mengakses sertifikat vaksin. Namun terkadang kendala seperti susah mengakses, ataupun sertifikat yang tidak kunjung keluar dialami masyarakat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) telah meluncurkan chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Ini merupakan salah satu alternatif jika masyarakat kesusahan mengunduh sertifikat vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi. 

Berdasarkan penjelasan di akun Instagram resmi Kemenkes RI, berikut tutorial mengunduh sertifikat vaksin via WhatsApp. Kamu sekarang bisa mengunduh sertifikat vaksin dari chatbot WhatsApp Kemenkes. Begini caranya.


1. Kontak Nomor WhatsApp Kemenkes RI

Simpan nomor WhatsApp 0811-1050-0567 milik Kemenkes dan kirimkan pesan “Hai” di room chat kontak Kemenkes.


2. Pilih Menu Sertifikat Vaksin

Secara otomatis, kamu akan mendapat balasan pesan yang berisi informasi untuk klik menu utama dan memilih layanan. Lanjutkan dengan klik opsi “Menu utama” kemudian pilih “Sertifikat Vaksin”.


3. Isi nomor HP yang terdaftar di Peduli Lindungi

Masukkan nomor telepon yang terdaftar di PeduliLindungi dan enam digit kode OTP yang diperoleh dari SMS di nomor telepon tersebut.


4. Pilih Download Sertifikat

Kamu akan mendapat informasi telah masuk di layanan help center PeduliLindungi. Kemudian akan ada tiga layanan diberikan, yaitu download sertifikat, status vaksinasi, dan ubah info diri. Pilih Download Sertifikat.


5. Pilih Dosis Sertifikat yang Ingin Diunduh

Masukan nama lengkap dan NIK yang terdaftar di PeduliLindungi. Kemudian pilih sertifikat ke-berapa yang ingin diunduh.


6. Sertifikat Akan Muncul di Room Chat

Tunggu beberapa saat dan sertifikat vaksin kamu akan muncul di room chat tersebut. Kamu bisa mengunduh dan menyimpan sertifikat tersebut untuk kebutuhan.

Sebagai informasi, untuk dapat mengunduh sertifikat vaksin lewat WhatsApp hanya bisa dilakukan oleh nomor ponsel yang telah terdaftar sebelumnya di PeduliLindungi. Jika nomor ponsel belum terdaftar, bot chat akan mengarahkan kamu ke platform tersebut. []

Berita terkait
Tips Mudah Urus Paspor dari WhatsApp
Kantor Keimigrasian berikan cara mudah membuat paspor dari WhatsApp, berikut ulasannya.
WhatsApp Lakukan Uji Coba Fitur Reaction di Android
WhatsApp melakukan uji coba terhadap fitur terbarunya yang mereka kembangkan yakni fitur reaction, fitur ini akan diuji coba terlebih dahulu.
Bagi Pengguna! Ini Syarat Minimum WhatsApp November 2021
WhatsApp masih menjadi salah satu platform komunikasi digital yang banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia. Begini syarat WhatsApp 2021.
0
Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat WhatsApp
Berdasarkan penjelasan di akun Instagram resmi Kemenkes RI, berikut tutorial mengunduh sertifikat vaksin via WhatsApp.