Cara Daftar BPUM BLT UMKM 2021 Tahap 3

Saat ini, BPUM baru mencapai tahap penutupan pendaftaran untuk Tahap 2, kemudian akan disusul dengan pelaksanaan Tahap 3.
Ilustrasi - (Foto: Tagar)

Jakarta - Melalui program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pelaku usaha UMKM, pemerintah akan menyalurkan bantuan modal usaha yang diperuntukkan secara khusus untuk para pelaku usaha mikro.

Saat ini, BPUM baru mencapai tahap penutupan pendaftaran untuk Tahap 2, kemudian akan disusul dengan pelaksanaan Tahap 3. Sayangnya, waktu pelaksanaan program BLT UMKM 2021 Tahap 3 hingga saat ini belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah.

Setidaknya ada dua bank penyalur yang menyediakan layanan mengecek nama penerima secara online, yaitu melalui Bank BRI dan BNI.

Para Pelaku UMKM yang telah melakukan pendaftaran BPUM 2021 untuk tahap sebelumnya, maka bisa mulai mengecek nama masing-masing di laman resmi Bank BRI dan BNI sebagai penerima bantuan.

Adapun laman resmi Bank BRI untuk melihat data penerima Bantuan Pelaku UMKM yaitu melalui eform.bri.co.id, sementara laman Bank BNI yaitu banpresbpum.id.


Berikut cara daftar bantuan Pelaku UMKM 2021.

  1. Para Pelaku UMKM mendaftarkan diri melalui Dinas Koperasi dan UMKM domisili dengan melampirkan berkas berupa KTP, KK, dan Surat Keterangan Usaha atau SKU atau NIB.
  2. Kemudian, Pelaku usaha wajib mengisi formulir data diri yang disediakan.
  3. Proses pengajuan bantuan BLT UMKM atau BPUM ini akan diverifikasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM dan instansi atau lembaga terkait.
  4. Jika pengajuan BPUM atau BLT UMKM Rp1,2 juta diterima, maka Pelaku usaha akan menerima pemberitahuan dari Dinas Koperasi dan UMKM.

Jika memenuhi syarat dan sudah terdaftar, maka Anda sebagai Pelaku usaha mikro akan mendapatkan SMS dari BNI dan BRI untuk mencairkan bantuannya. Jika tidak menerima SMS, silakan cek daftar penerima bantuan ini di link eform.bri.co.id atau banpresbpum.id.


Cara Cek Penerima BPUM 2021

Anda bisa cek daftar penerima Bantuan Pelaku UMKM 2021 dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, klik link banpresbpum.id.
  2. Lalu masukkan 16 digit angka NIK KTP.
  3. Klik CARI. Setelah itu akan muncul data penerima BLT UMKM atau Banpres BPUM yang cair di BNI dan PNM Mekaar.


Sedangkan cara cek penerima BPUM di eform.bri.co.id adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka browser dan masuk ke link eform.bri.co.id/bpum.
  2. Lalu masukkan NIK KTP dan masukkan kode verifikasi yang tertera.
  3. Setelah itu klik Proses Inquiry. Maka akan langsung muncul informasi status pendaftaran BLT Banpres UMKM atau BPUM ini.


Adapun beberapa syarat yang harus kamu lakukan sebelum mendaftar.

  1. Sebagai WNI, dibuktikan dengan mempunyai NIK KTP dan memiliki usaha mikro.
  2. Bukan sebagai anggota ASN, TNI, POLRI, dan pegawai BUMN/BUMD.
  3. Tidak sedang menerima kredit ataupun pembiayaan dari bank atau KUR. []


Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga

Berita terkait
Vaksinasi Covid-19 Untuk Pelaku UMKM di Tangerang Banten
Dukungan dalam membantu percepatan program vaksinasi pemerintah datang dari banyak kalangan sebagia upaya pemulihan perekonomian nasional
Menkominfo: Dorong UMKM Bangkit dengan Pasar Digital
Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pihaknya menerapkan berbagai kebijakan strategis untuk mendongkrak eksistensi pelaku UMKM.
7 Cara Pakai Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal
Memakai masker untuk merawat wajah merupakan salah satu cara untuk membuat kulit tetap sehat tapi ada banyak yang tidak cara yang benar memakainya.
0
Cara Daftar BPUM BLT UMKM 2021 Tahap 3
Saat ini, BPUM baru mencapai tahap penutupan pendaftaran untuk Tahap 2, kemudian akan disusul dengan pelaksanaan Tahap 3.