UNTUK INDONESIA
Cara Berikan Asupan Gizi Seimbang untuk Anak
Asupan Gizi Seimbang untuk anak menjadi permasalah di Indonesia, Menurut data Riskesdas 2018, lebih dari 23 juta anak menjadi korban.
Seorang Balita di Ambon meninggal di tempat pengungsian akibat gizi buruk. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Menyambut Hari Gizi Nasional, Royco meluncurkan Program Nutrimenu membantu para ibu menyiapkan asupan gizi seimbang untuk anak.

Menurut Riskesdas tahun 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang.

Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah garut untuk mendukung program "Isi Piringku" yang menjadi penerapan dari Pedoman Gizi Seimbang Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Director of Foods and Beverages PT Unilever Indonesia, Tbk Hernie Rahardja mengatakan jika Royco berkomitmen untuk membantu para ibu memberikan makanan yang bergizi untuk si buah hati.

"Royco berkomitmen untuk membantu para ibu untuk menyiapkan asupan makanan yang lezat dan bergizi," kata Hernie Rahardja kepada Tagar, Selasa, 28 Januari 2019.

Program ini, lanjutnya, menjadi salah satu cara untuk menuangkan rasa prihatin terhadap kondisi darurat ketidakseimbangan gizi.

"Saat ini Indonesia alami darurat ketidakseimbangan gizi, di mana menurut Riskesdas tahun 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang yang ditandai dengan besarnya angka stunting dan obesitas pada anak," tuturnya.

Selain itu, kata Hernie, melalui program Royco Nutrimenu bisa menginspirasi para ibu untuk menyajikan makanan bergizi seimbang kepada anaknya.

"Kehadiran program Royco Nutrimenu 'Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku' diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang yang tentunya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan generasi masa depan Indonesia," ucapnya.

Program Royco Nutrimenu 'Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku' mengadakan rangkaian kegiatan edukasi, diawali dengan Training of Trainers (ToT) kepada kader kesehatan dari TP-PKK dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia.

Para kader kesehatan juga akan dibekali media edukasi dan buku harian Royco Nutrimenu. Selain itu, diberikan pendampingan untuk mengimplementasikan praktek memasak Nutrimenu.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, mengatakan mengenai hasil riset edukasi yang memperlihatkan peningkatan signifikan bagi pengetahuan gizi, sikap, dan praktek para ibu untuk memasak panduan Isi Piringku.

"Sekitar tiga perempat peserta program Royco Nutrimenu (75%) kini sudah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar," tuturnya.

Program Royco Nutrimenu ini juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam 50 bahan pangan masa depan untuk menginspirasi ibu mempersiapkan masakan yang lezat, sehat, dan terjangkau.

Sejumlah bahan tersebut, di antaranya bayam, pak choi, daun kelor, selada air, okra, ubi jalar, dan kacang hijau. []

Berita terkait
Virus Corona, Menkes Pastikan Kondisi 243 WNI Sehat
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan 243 warga negara Indonesia (WNI) di Kota Wuhan, China dalam kondisi sehat.
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
Empat Tips Cegah Penyebaran Virus Corona
Penyebaran Virus Corona sangat meresahkan masyarakat Indonesia, bagaimana trik menghadapinya? Berikut Tagar rangkumkan.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.